Kompas TV regional berita daerah

Simulasi Penanganan Pasien Covid-19 di Pelabuhan Bakauheni

Kompas.tv - 30 Maret 2020, 16:06 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Panjang, Lampung melakukan simulasi penanganan pasien Covid-19 di Pelabuhan Bakauheni, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila adanya penumpang Kapal Pelni yang terjangkit virus Covid-19 dan perlu penanganan cepat dan tepat.

Terlihat pada simulasi ini petugas tim kesehatan dilengkapi dengan alat pelindung diri atau APD, langsung dengan sigap melakukan evakuasi pada penumpang yang diduga terjangkit virus Covid-19 dan menempatkannya pada kapsul evakuasi korona, lalu dibawa ke rumah sakit penanganan paisen Covid-19.

Selanjutnya Tim Kesehatan melakukan penyemperotan disinfektan pada tiap sudut ruangan Kapal dan Pelabuhan, lalu Kapten kapal diminta untuk melakukan penandatanganan pernyataan kesehatan maritim.

Simulasi ini dilakukan dalam mempersiapkan tim otoritas Pelabuhan Kelas II Lampung untuk bisa melakukan proses evakuasi secara cepat dan tepat bila ada penumpang kapal pelni yang terjangkit virus covid-19.

Baca Juga: Pasien 02 Covid-19 Lampung Meninggal Dunia

Selain itu pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Panjang bersama ASDP dan KSOP telah membentuk SOP penanganan terpadu, mulai dari pengukuran suhu tubuh penumpang juga penyemprotan disinfektan pada kapal.

#Corona #Covid19 #ASDP #Lampung 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x