HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kerajinan Antik Para Napi Dari Bahan Bekas

Senin, 30 Maret 2020 | 13:06 WIB

PONOROGO, KOMPASTV - Manfaatkan sampah kardus bekas warga binaan rumah tahanan di Ponorogo, Jawa Timur mampu membuat guci  antik nan cantik yang tidak kalah menarik dari pada guci keramik. Selain harganya lebih murah guci karya napi ini dijamin lebih kuat dan tahan lama serta anti pecah.

Bahan dasar pembuatan guci ini adalah dari kardus bekas yang menjadi salah satu kerajinan warga binaan di rumah tahanan kelas dua b Ponorogo, Jawa Timur.

Mengisi waktu menjalani masa tahanan di dalam penjara dua warga binaan ini menggunakan bubur kertas kardus bekas yang telah direndam dalam air selama tiga hari. bubur kertas kardus kemudian dicampur dengan sisa nasi yang dilembutkan sebagai perekat untuk bisa dibentuk menjadi aneka karya yang diinginkan.

Selain antik dan menarik, guci karya napi ini dijamin lebih tahan lama serta anti pecah dan yang pasti jauh lebih murah dibandingkan guci dari bahan tanah.

Menjadi salah satu kegiatan para warga binaan dari banyak kegiatan lainnya yang memang dikelola dan dikembangkan pihak rutan. aneka kerajinan para nara pidana ini tidak hanya sekedar penghilang jenuh namun  karya yang dihasilkan juga laku untuk dijual yang rata rata pembeli adalah dari keluarga para napi yang kebetulan membesuk dan membeli aneka kerajinan tangan para narapidana yang dipajang di galeri ruang tunggu rumah tahanan.

Selain untuk menghilangkan jenuh bagi para warga binaan di dalam penjara melalui berbagai kegiatan dan prakarya yang dilakukan diharapkan bisa menjadi modal para warga binaan kelak keluar dari penjara selesai menjalani masa tahanan.

Editor : Theo Reza



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
03:19
JUBIR PEMERINTAH UNTUK PENANGANAN VIRUS KORONA: NORMAL BARU BUKAN BERARTI KEMBALI SEPERTI SEBELUM ADA PANDEMI   PEMPROV SULAWESI SELATAN MENGATAKAN 12 KABUPATEN SUDAH AMAN DARI VIRUS KORONA   SPANYOL BERENCANA UNTUK MEMPERPANJANG "LOCKDOWN" HINGGA 21 JUNI 2020   POLRES METRO JAKARTA BARAT TANGKAP 12 ANGGOTA GENG MOTOR BERSENJATA DI SLIPI   PEMPROV DKI JAKARTA SEBUT 2.102 ORANG SEMBUH DARI VIRUS KORONA SELAMA MASA PANDEMI   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MINTA PERILAKU DISIPLIN WARGA MALANG RAYA HADAPI KORONA DIPERKUAT   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA SEBUT SEBANYAK 10.863 KENDARAAN DILARANG KELUAR-MASUK JAKARTA KARENA TAK PUNYA SIKM   KEMENDESA PDTT TERIMA 2.645 ADUAN SOAL BANSOS DAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DARI DANA DESA   GUBERNUR JAWA BARAT RIDWAN KAMIL SEBUT RS HASAN SADIKIN BANDUNG KEMBALI LAYANI PASIEN UMUM MULAI SENIN, 1 JUNI 2020   STRIKER ASAL ARGENTINA, MAURO ICARDI, RESMI KE PARIS SAINT-GERMAIN SETELAH DIREKRUT DARI INTER MILAN   JUBIR COVID-19 SULAWESI UTARA SEBUT 52 PASIEN YANG POSITIF VIRUS KORONA DINYATAKAN SEMBUH   BIN MENGGELAR KEMBALI "RAPID TEST" DAN "SWAB TEST COVID-19" MASSAL DI SURABAYA, JAWA TIMUR   PEMKOT TASIKMALAYA MULAI BERSIAP MENERAPKAN TATANAN NORMAL BARU   MENTERI PPPA DORONG LARANGAN PROMOSI ROKOK UNTUK CEGAH PEROKOK ANAK