Kompas TV video cerita indonesia

Kerajinan Antik Para Napi Dari Bahan Bekas

Kompas.tv - 30 Maret 2020, 13:06 WIB
Penulis : Theo Reza

PONOROGO, KOMPASTV - Manfaatkan sampah kardus bekas warga binaan rumah tahanan di Ponorogo, Jawa Timur mampu membuat guci  antik nan cantik yang tidak kalah menarik dari pada guci keramik. Selain harganya lebih murah guci karya napi ini dijamin lebih kuat dan tahan lama serta anti pecah.

Bahan dasar pembuatan guci ini adalah dari kardus bekas yang menjadi salah satu kerajinan warga binaan di rumah tahanan kelas dua b Ponorogo, Jawa Timur.

Mengisi waktu menjalani masa tahanan di dalam penjara dua warga binaan ini menggunakan bubur kertas kardus bekas yang telah direndam dalam air selama tiga hari. bubur kertas kardus kemudian dicampur dengan sisa nasi yang dilembutkan sebagai perekat untuk bisa dibentuk menjadi aneka karya yang diinginkan.

Selain antik dan menarik, guci karya napi ini dijamin lebih tahan lama serta anti pecah dan yang pasti jauh lebih murah dibandingkan guci dari bahan tanah.

Menjadi salah satu kegiatan para warga binaan dari banyak kegiatan lainnya yang memang dikelola dan dikembangkan pihak rutan. aneka kerajinan para nara pidana ini tidak hanya sekedar penghilang jenuh namun  karya yang dihasilkan juga laku untuk dijual yang rata rata pembeli adalah dari keluarga para napi yang kebetulan membesuk dan membeli aneka kerajinan tangan para narapidana yang dipajang di galeri ruang tunggu rumah tahanan.

Selain untuk menghilangkan jenuh bagi para warga binaan di dalam penjara melalui berbagai kegiatan dan prakarya yang dilakukan diharapkan bisa menjadi modal para warga binaan kelak keluar dari penjara selesai menjalani masa tahanan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.