Kompas TV nasional kompas petang

Kemenhub: Ada 2 Skema Cegah Warga Tidak Mudik

Kompas.tv - 29 Maret 2020, 20:00 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT KAI Daop 1 Jakarta membatalkan perjalanan 28 kereta api jarak jauh mulai tanggal 1 April sampai 1 Mei 2020, hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona di sejumlah wilayah di Indonesia.

Sebanyak 28 perjalanan kereta api jarak jauh yang berada di lingkup daop 1 Jakarta terdiri atas 17 KA berangkat dari Stasiun Gambir, 9 KA dari Stasiun Pasar Senen dan 2 KA dari Stasiun Jakarta Kota dilakukan pembatalan keberangkatan.

Kepala KAI Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebut pembatalan keberangkatan memiliki beberapa daerah tujuan yang berbeda. 

KA tujuan Jawa Barat yang dibatalkan yakni tujuan Cirebon Dan Bandung sementara tujuan Jawa Tengah tujuan Yogyakarta, Kutoarjo, Tegal Dan Semarang. Selain itu tujuan Jawa Timur pembatalan perjalanan yang dibatalkan adalah tujuan Malang Dan Surabaya.

Sebelumnya, PT. Kereta Api Daerah Operasi 9 Jember Jawa Timur menghapus 4 perjalanan kereta api sementara selama masa darurat covid-19.

4 perjalanan kereta api yang dihapus adalah Kereta Api Mutiara Siang jurusan Banyuwangi  Surabaya dan Kereta Api Logawa jurusan Jember  Purwokerto.

Lalu ada Kereta Api Pandanwangi jurusan Banyuwangi  Jember dan Kereta Api Pandanwangi jurusan Jember  Ketapang.

Manajer Humas Pt Kereta Api Daops 9 Jember, Mahendro Bawono menyatakan pembatalan perjalanan kereta api diberlakukan mulai tanggal 1 hingga 30 april 2020.

Keputusan tersebut diambil untuk mengurangi mobilitas masyarakat sesuai dengan arahan pemerintah dalam rangka menekan penyebaran virus corona.

PT. KAI Daops 9 Jember juga mengeluarkan kebijakan pengembalian tiket pemesanan sebesar 100% bagi calon penumpang, yang membatalkan perjalanan selama masa darurat covid-19, yakni terhitung dari tanggal 23 maret hingga 29 mei 2020.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.