Kompas TV nasional berita kompas tv

Cerita Perjalanan Penjual Udang di Wuhan yang Diduga Jadi Pasien Pertama Virus Corona

Kompas.tv - 29 Maret 2020, 13:18 WIB
cerita-perjalanan-penjual-udang-di-wuhan-yang-diduga-jadi-pasien-pertama-virus-corona
Ilustrasi: Para staf di Rumah Sakit Palang Merah Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020), menggunakan pelindung khusus, untuk menghindari serangan virus corona yang mematikan. (Sumber: AFP/HECTOR RETAMAL)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Wabah virus corona menyebar ke seluruh dunia. Namun, siapa "pasien nol" yang mengalami penyakit menular ini masih dalam penelusuran.

Diketahui, "pasien nol" merupakan orang pertama yang terkena suatu penyakit yang disebabkan virus maupun bakteri.

Sejauh ini, seorang penjual udang di Pasar Seafood Huanan, Wuhan, China, diduga merupakan "pasien nol" dari wabah virus corona.

Baca Juga: 3 Daerah di Indonesia yang Terapkan Local Lockdown untuk Cegah Virus Corona

Berdasarkan pemberitaan Wall Street Journal, pasien itu disebut merupakan perempuan berusia 57 tahun yang bernama Wei Guixian.

Sementara dikutip New York Post via Kompas.com, Wei bisa jadi merupakan orang pertama dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan yang terinfeksi virus corona.

WSJ mengulas harian lokal China, The Paper, dan menceritakan awalnya Wei bekerja seperti biasa pada 10 Desember saat mengalami gejala demam.

Merasa tidak enak badan, dia segera memeriksakan diri ke klinik terdekat dan kembali bekerja. Di saat itulah, dia diyakini menyebarkan virus itu.

"Saya merasa lelah. Tapi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Wei.

"Setiap musim dingin, saya selalu menderita flu. Jadi saya kira ini hal biasa," lanjut dia.

Baca Juga: Pasien Bertambah Jadi 335 Orang di RS Darurat Corona Wisma Atlet

Dia kemudian mengunjungi lagi klinik itu pada 11 Desember, dan menerima suntikan. Tapi karena masih belum sembuh, dia pergi ke Rumah Sakit Nomor 11 Wuhan.

Di rumah sakit, ternyata dokter tidak mampu mendeskripsikan sakit apa sebenarnya Wei. Jadi, mereka hanya sebatas memberikan pil.

Segera setelah memeriksakan diri ke rumah sakit, perempuan yang diyakini adalah "pasien nol" itu merasa kondisinya makin memburuk.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x