Kompas TV nasional berita kompas tv

3 Daerah di Indonesia yang Terapkan Local Lockdown untuk Cegah Virus Corona

Kompas.tv - 29 Maret 2020, 12:15 WIB
3-daerah-di-indonesia-yang-terapkan-local-lockdown-untuk-cegah-virus-corona
Petugas Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, menutup pagar sebagai tanda bahwa aktivitas di lokasi tersebut dihentikan untuk mencegah penyebaran virus corona, Papua, Kamis (26/3/2020). (Sumber: KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Sejumlah wilayah telah melakukan local lockdown sebagai upanya mempersempit penyebaran virus corona di Indonesia.

Diketahui sejak kasus pertama diumumkan pada Senin, 2 Maret 2020, pemerintah telah melaporkan 1.155 kasus virus corona dengan 102 kematian dan 59 pasien sembuh. Data tercatat hingga Sabtu (28/3/2020).

Semakin banyaknya jumlah kasus virus corona inilah yang membuat pemerintah daerah memutuskan untuk melakukan local lockdown, selain physical distancing.

Baca Juga: Achmad Yurianto: Imbauan Jaga Jarak Harus Dipatuhi

Berikut 3 daerah yang akan dan sudah menerapkan local lockdown:

1. Tegal

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono memutuskan untuk memberlakukan local lockdown dengan menutup akses masuk ke Tegal selama empat bulan. Ini berlaku mulai Senin (30/3/2020) hingga Jumat (30/3/2020).

"Warga harus bisa memahami kebijakan yang saya ambil. Kalau saya bisa memilih, lebih baik saya dibenci warga daripada maut menjemput mereka," kata Dedy, Rabu (25/3/2020).

Dedy juga meminta kepada warganya yang tengah merantau untuk tidak mudik ke kampung halaman selama lebaran tahun ini.

Untuk itu, Pemerintah Kota Tegal telah menyiapkan anggaran kebencaan sebesar Rp 2 Miliar. Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk warga miskin yang terdampak.

"Saya sudah instruksikan dinas sosial harus segera untuk membantu masyarakat miskin, tidak mampu, atau yang membutuhkan dalam kondisi ini," katanya lagi.

Selain itu, Dedy juga akan menghimpun dana sukarela dari para aparatur negara (ASN) dan anggota DPRD kota Tegal. 

Baca Juga: Walau Terapkan "Local Lockdown", Ribuan Perantau dari Jakarta Tiba di Tegal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x