Kompas TV video cerita indonesia

2 Skema Alternatif Untuk Pelaksanaan Haji Tahun Ini

Kompas.tv - 28 Maret 2020, 14:22 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV - Di tengah pandemi covid-19 Menteri Agama Fachrul Razi telah menyiapkan dua skema bagi jemaah yang sudah mendaftar haji tahun ini. Skema ini meliputi ibadah haji tetap dilaksanakan atau dibatalkan.

Meskipun masih terus memantau perkembangan kebijakan pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji. Kementerian Agama tetap melakukan persiapan dengan asumsi skema pertama yakni ibadah haji tetap dilakukan.

Menteri Agama Fachrul Razi menyebut saat ini masih ada 40 tim haji di Arab Saudi yang melanjutkan persiapan akomodasi, transportasi dan makanan. Hal ini dilakukan agar pemerintah tetap siap jika pemerintah Arab Saudi memutuskan membuka kembali pembatasan ibadah haji di Makkah dan Madinah.

Namun sesuai dengan pesan kedutaan Arab Saudi pemerintah tidak melakukan pembayaran dan menunda kontrak terkait hingga ada keputusan lebih lanjut termasuk kepada maskapai penerbangan.

“Untuk langkah-langkah persiapan pada saat ini kita masih punya 40 tim haji di Arab Saudi. mereka tetap melanjutkan kegiatan-kegiatan penyiapan akomodasi transport darat dan makanan. tapi sesuai pesannya kedutaan saudi yg kita peroleh pada 2 minggu yg lalu, maka kita tidak selesaikan kontrak-kontrak itu atau kita tunda. artinya meskipun persiapan kita lakukan tapi kita tidak melakukan pembayaran apapun sampai ada kepastian soal pergi atau tidak”  ujar Fachrul Razi saat melakukan konferensi pers jumat (27/3/2020)

Pemerintah mengupayakan jemaah yang sudah terdaftar tidak mengalami kerugian jika batal berangkat tahun ini.

Sementara untuk manasik, kementerian agama merencanakan pembagian buku manasik lebih awal atau menyelenggarakan manasik secara online.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.