Kompas TV regional berita daerah

Ini Dia Bilik Steril Sikat Corona, Buatan Mahasiswa dan Santri di Malang

Kompas.tv - 29 Maret 2020, 09:00 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG-KOMPAS.TV- Bilik steril untuk manusia menjadi salah satu solusi untuk mengurangi penyebaran virus corona. Ternyata inisiasi ini muncul dari sekelompok Akademisi di Kota Malang. Pekerjanya mahasiswa, hingga santri. 

Di bengkel yang terletak di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh di Jalan Raya Joyo Agung Kota Malang inilah, bilik steril yang diberi nama “SICO” atau Sikat Corona, digagas oleh sekelompok kademisi di Kota Malang. Ide ini pun langsung diaplikasikan oleh sekelompok mahasiswa Teknik Mesin Universitas Brawijaya Malang.

Cara kerjanya bilik setinggi 2,4 meter dan lebar 1 kali 1 meter ini sederhana. Seseorang cukup masuk dan memencet sakelar, maka cairan berbentuk kabut atau uap yang mengandung alkohol tujuh puluh persen akan keluar untuk mensterilisasi orang tersebut.

Penyemprotan akan berlangsung selama tiga hingga empat detik, atau satu putaran. Bilik yang rangkanya terbuat dari besi holo ini, menggunakan fiber glass sebagai dindingnya. Untuk membuat satu bilik ini, dibutuhkan biaya yang cukup murah, hanya Rp 3 juta.

Melonjaknya permintaan hingga dua ratus lebih bilik, yang dipesan hingga luar Pulau, membuat Universitas Brawijaya juga menggandeng pekerja dari luar kampus.

Selain menggandeng santri Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh sebagai pekerja, pihak Kampus juga memberdayakan lima bengkel untuk mengebut pengerjaan bilik steril. Total ada lima puluh lebih pekerja yang bekerja tiap harinya, agar pesanan bilik steril ini bisa dikerjakan dengan cepat.

Kini tim sedang berupaya untuk mengerjakan desain rakitan, agar bisa mengirim dalam jumlah banyak. Selain itu tim juga sudah membuat video tutorial pembuatan bilik steril ini, untuk dibagikan ke masyarakat.

Hal ini semata untuk membantu masyarakat agar bisa mendapatkan bilik steril ini dengan waktu lebih cepat, sehingga bisa menekan persebaran virus corona di indonesia.

#sikatcorona #biliksteril



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x