Kompas TV regional berita daerah

Pasien Positif Covid-19 di RSUD Dr Moewardi Solo Sembuh, Diminta Tak Keluar Rumah Dulu

Kompas.tv - 27 Maret 2020, 15:29 WIB
pasien-positif-covid-19-di-rsud-dr-moewardi-solo-sembuh-diminta-tak-keluar-rumah-dulu
Ilustrasi petugas medis berpakaian lengkap dengan alat kesehatan tengah tangani pasien terpapar virus corona (Covid-19) (Sumber: kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

SOLO, KOMPAS TV - Seorang pasien positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 asal Kelurahan Mojosongo, Solo, Jawa Tengah dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Dr Moewardi, Kota Surakarta.

Menurut Kepala Dinas Kota Surakarta, Siti Wahyuningsih, setelah menjalani isolasi pasien tersebut dilakukan tes swab tenggorokan sebanyak dua kali. Hasil tes menunjukkan negatif.

"Jadi, laporan dari RSUD Dr Moewardi pasien itu diswab dua kali berturut-turut hasilnya sudah negatif," kata Siti di Solo, Jawa Tengah Jumat (27/3/2020).

Karena hasilnya negatif, kata Siti, pasien yang merupakan perempuan berusia 49 tahun itu diperbolehkan pulang. 

Baca Juga: Terkait Pasien Positif Corona yang Dapat Sembuh, Ini Kata Ikatan Dokter Indonesia...

Tapi, Siti berpesan agar tetap menjaga diri dan tidak keluar rumah terlebih dahulu. "Kita tetap minta nanti tidak keluar-keluar dulu," ujarnya.

Siti menjelaskan, pasien yang sembuh ini merupakan kerabat dekat pasien positif corona dari Kadipiro yang sebelumnya meninggal setelah diisolasi RSUD Dr Moewardi. 

Sebelum dinyatakan positif dan dirawat di RSUD Dr Mpoewardi Solo, pasien yang sembuh ini awalnya berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan menjalani karantina mandiri.

Namun, karena tak tertib selama menjalani proses karantina, sang pasien dinyatakan positif terkena virus corona.

Pada Rabu (18/3/2020), pasien dijemput tim medis dari RSUD Dr Moewardi Surakarta untuk dirawat di ruang isolasi.

"Dulu hasilnya dinyatakan positif (corona)," kata dia.

Siti menjelaskan penyakit Covid-19 sebetulnya bisa sembuh. Tapi bukan kemudian lantas meremehkan virus tersebut. Pasalnya, penyebaran virus ini sangat cepat tergantung daya tahan tubuh orang yang terjangkit.

Baca Juga: 1 Pasien Positif Covid-19 Sembuh di Malang Dipulangkan

"Ini menjadi kabar baik ada pasien positif corona yang sembuh. Tapi masyarakat tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta jaga jarak. Karena di sekitar kita, kita tidak ngerti," ucap Siti.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, menambahkan dengan adanya satu pasien positif virus corona yang dinyatakan sembuh tersebut merupakan kabar baik.

"Dengan adanya satu pasien positif corona yang sembuh ini meyakinkan kepada masyarakat bahwa karantina mandiri di rumah itu sangat efektif memutus rantai penyebaran corona," kata Hadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x