HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV bisnis kompas bisnis

Upaya Bank Indonesia dan Bursa Efek Indonesia Selamatkan Ekonomi Indonesia

Jumat, 27 Maret 2020 | 11:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bank Indonesia kembali menegaskan, bahwa gangguan stabilitas keuangan yang terjadi saat ini jauh-jauh-jauh berbeda dengan krisis tahun 98 atau 2008. 

Saat ini yang dihadapi adapah pandemi penyakit. 

Oleh sebab itu, menurut Bank Indonesia, semakin cepat penghentian penyebaran COVID-19, semakin kecil guncangan terhadap perekonomian.

Selain itu, Bursa Efek Indonesia mengubah jam operasional pasar saham. 

Di sesi satu, bursa tetap dimulai jam 9 pagi waktu Indonesia bagian barat, tetapi kemudian berakhir di 11.30.

Sedangkan sesi dua, atau penutupan harian, dari yang semula dilakukan jam 4 sore, maju satu jam menjadi jam 15.00, alias jam 3 sore.

Tidak hanya di pasar saham Pak Wimboh, upaya OJK menyediakan "Bumper" kebijakan untuk industri keuangan juga dilakukan ke perbankan. 

Presiden memerintahkan pemberian keringanan cicilan kredit di bank.
 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa adanya penyebaran virus corona memperlambat perekonomian dunia.

Hal ini juga termasuk pada perekonomian Indonesia. 186 negara telah terpapar virus corona. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyadari bahwa pandemi virus corona (Covid-19) begitu berdampak bagi pendapatan rakyat.

Bahkan, Jokowi menyebut kalau sering mendapat keluhan dari para tukang ojek hingga sopir taksi yang memiliki kredit motor dan mobil.

Penulis : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:26
CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, KEMENTERIAN PAN-RB LARANG SELURUH ASN MUDIK SAAT LEBARAN 2020   KEMENTERIAN PAN-RB: KEBIJAKAN KERJA DARI RUMAH BAGI ASN DIPERPANJANG HINGGA 21 APRIL 2020   ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS KORONA, GUBERNUR SUMATERA BARAT MINTA PERBATASAN DARAT DAN LAUT DIPERKETAT   DAMPAK VIRUS KORONA, KERETA BANDARA SOEKARNO-HATTA KURANGI JADWAL OPERASIONAL HANYA 10 PERJALANAN   GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 MENYATAKAN CAIRAN DISINFEKTAN SEHARUSNYA HANYA DISEMPROTKAN PADA BENDA MATI   GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19: CAIRAN DISINFEKTAN KURANG EFEKTIF LINDUNGI MANUSIA DARI VIRUS KORONA   KEMENAG AKAN SIAPKAN ASRAMA HAJI SEBAGAI ALTERNATIF RUMAH SAKIT DARURAT PASIEN VIRUS KORONA   MENDAGRI KELUARKAN SURAT EDARAN SOAL PEMBENTUKAN GUGUS TUGAS PENANGANAN VIRUS KORONA DI DAERAH   KEMENLU: 122 WNI DINYATAKAN POSITIF VIRUS KORONA PER 30 MARET 2020   YLBHI MINTA DPR BATALKAN PEMBAHASAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA DAN PRIORITASKAN PENANGANAN KORONA   FRAKSI PKS DPRD DKI MINTA PEMPROV DKI PASTIKAN KETERSEDIAAN PANGAN UNTUK WARGA JIKA TERAPKAN "LOCKDOWN"   PRESIDEN JOKOWI AKAN TERBITKAN PERPRES DAN INPRES UNTUK MENGATUR ARUS MUDIK LEBARAN 2020   PRESIDEN MINTA GUBERNUR, BUPATI, DAN WALI KOTA TINGKATKAN PENGAWASAN PEMUDIK DI WILAYAH MASING-MASING   PRESIDEN JOKOWI MENILAI PERLU LANGKAH TEGAS UNTUK CEGAH MASYARAKAT DI WILAYAH JABODETABEK MUDIK