Kompas TV video cerita indonesia

Pengabdian Jokowi Antar Jenazah Ibu Sampai ke Liang Lahat

Kompas.tv - 26 Maret 2020, 23:19 WIB
Penulis : Laura Elvina

KARANGANYAR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengantar kepergian ibunda tercinta, Hj. Sujiatmi Notomihardjo, yang hari ini, Kamis (26/3/2020) dimakamkan di pemakaman keluarga Mundu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Almarhumah dimakamkan tepat di samping makan suaminya pada pukul 13.00 WIB.

Pemakaman dihadiri seluruh keluarga. Bahkan, Jokowi sendiri turun ke liang lahat untuk mengantar ibunda ke peristirahatan terakhirnya. Tanpa segan ia juga mencangkul tanah di pemakaman sang ibunda. Usai prosesi pemakaman, Presiden beserta keluarga kemudian berdoa di samping pusara makam sang Ibunda.

Sebelum pemakaman, seluruh keluarga seperti anak dan cucu almarhumah, menjalani tradisi Brobosan. Brobosan adalah tradisi adat jawa dengan berjalan di bawah kolong peti jenazah. Tradisi ini dipercaya oleh masyarakat Jawa, agar seluruh ajaran baik dari almarhumah bisa diturunkan kepada anak dan cucunya.

Hj. Sudjiatmi Notomohardjo meninggal dunia kemarin di Surakarta, 25 Maret 2020 karena sakit.

“Pada pukul 16.45 WIB telah berpulang kehadirat Allah SWT ibunda kami, Bu Sudjiatmi Notomihardjo, yang kita tahu bahwa ibu sudah empat tahun menderita sakit," kata Presiden Jokowi kemarin sore di rumah duka di Surakarta.

Baca Juga: TOP 3 NEWS: Pemakaman Ibunda Jokowi | Anies Siapkan Hotel Tenaga Medis | Update Pasien Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x