Kompas TV klik360 cerita indonesia

Ini Mobil Listrik Karya Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan Timur

Kamis, 26 Maret 2020 | 22:48 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan Timur atau ITK berhasil membuat karya di bidang otomotif yakni membuat mobil dengan tenaga listrik. Mobil listrik karya putra daerah Kalimantan Timur tersebut dinamakan Evo Enggang. Karya ini menunjukkan jika mahasiswa Indonesia mampu berinovasi.

Karya mahasiswa ITK ini turut mengharumkan nama Kota Balikpapan maupun Provinsi Kaltim, karena sudah dua kali mengikuji ajang bergengsi kompetisi nasional mobil listrik sejak tahun 2018. Mobil listrik karya mahasiswa ITK ini berhasil menyabet juara dua maupun juara tiga.

Mobil tenaga listrik menggunakan baterai lithium iron phospate dan mampu menempuh jarak 50 kilometer, dengan kecepatan rata rata 45 kilometer per jam. Penyelesaian mobil listrik ini memakan waktu 4 bulan dengan total biaya Rp 80 juta.

Para mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan mobil listrik tesebut rencananya akan terus mengembangkan mobil dan akan ikut dalam kompetisi nasional lainnya.

Baca Juga: Keren! Siswa SMA Ciptakan Inovasi Helm untuk Isi Daya Baterai Handphone

Editor : Laura Elvina



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:02
KOMISI KEJAKSAAN DUGA JAKSA PINANGKI SIRNA MALASARI PUNYA PERAN STRATEGIS DAN PENTING DALAM MEMBANTU DJOKO TJANDRA   KOMISI KEJAKSAAN AKAN PANGGIL PEJABAT KEJAGUNG YANG DIDUGA MELAKUKAN KOMUNIKASI DENGAN DJOKO TJANDRA   KASUS KORONA MASIH TINGGI, PEMPROV DKI MENYATAKAN BELUM AKAN MEMBUKA TEMPAT HIBURAN DALAM WAKTU DEKAT   KAUKUS PEREMPUAN PARLEMEN REPUBLIK INDONESIA (KPP-RI) SEGERA USULKAN RUU PKS MASUK PROLEGNAS 2021   PASIEN POSITIF COVID-19 DI SECAPA AD HARI INI SUDAH BERKURANG 1.299 ORANG MENJADI TINGGAL SEMBILAN KASUS   DARI HASIL TES LANJUTAN PASIEN COVID-19 DI SECAPA AD, HARI INI ADA TIGA PASIEN YANG DINYATAKAN NEGATIF   WAKIL KETUA KPK NAWAWI POMOLANGO APRESIASI TRANSPARANSI & KETERBUKAAN POLRI TANGANI KASUS PELARIAN DJOKO TJANDRA    KPK AKAN IKUTI GELAR PERKARA KASUS SUAP DAN GRATIFIKASI TERKAIT PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA    ERICK THOHIR: IMUNISASI MASSAL VAKSIN COVID-19 AKAN BERADA DI BAWAH KOORDINASI TNI-POLRI   ERICK THOHIR: TNI-POLRI BERTUGAS BERSAMA KEMENKES, KEMENTERIAN PENDIDIKAN, DAN PMI DALAM MELAKSANAKAN VAKSINASI   ERICK THOHIR: PELIBATAN TNI-POLRI UNTUK TINGKATKAN KEDISIPLINAN MASYARAKAT DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KETUA GUGUS TUGAS PEMULIHAN COVID-19 & EKONOMI NASIONAL ERICK THOHIR: PELIBATAN TNI-POLRI BUKAN TAKUTI MASYARAKAT   JELANG HUT KE-75 KEMERDEKAAN RI, PRESIDEN JOKOWI BERIKAN ANUGERAH TANDA JASA DAN KEHORMATAN KEPADA 53 TOKOH BANGSA   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL