HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Bupati Sidoarjo Ikut Makamkan Pasien Covid-19 yang Meninggal, Begini Klarifikasinya

Kamis, 26 Maret 2020 | 18:28 WIB
bupati-sidoarjo-ikut-makamkan-pasien-covid-19-yang-meninggal-begini-klarifikasinya
Potongan video Bupati Sidoarjo ikut makamkam korban Covid-19 Kamis (26/3/2020) pagi. (Sumber: KOMPAS.COM/A. FAIZAL)

SIDOARJO, KOMPAS TV - Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, mengunggah proses pemakaman warganya yang meninggal akibat Covid-19 pada Kamis (26/3/2020) pagi melalui akun Facebook bernama Nur Ahmad Syaifuddin.

Video tersebut akhinrya viral. Hingga pukul 16.40 WIB, video berdurasi lebih dari 3 menit itu sudah dilihat 6.341 kali, 203 kali dibagikan, dan menuai 119 komentar.

Dalam video itu, Nur Ahmad Syaifuddin ikut terlibat dalam proses penguburan bersama 4 orang lainnya dengan mengenakan alat pelindung diri atau APD. 

Baca Juga: 15 Pasien Positif Corona di Jawa Timur, Gubernur Khofifah Tetapkan Status Darurat Bencana Covid-19

Penguburan dilakukan pagi buta sekitar pukul 03.40 WIB dengan bantuan penerangan lampu mobil di sebuah kompleks pemakaman di Desa Praloyo, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo.

Dalam keterangan di video tersebut, Nur Ahmad Syaifuddin menyebut jika pasien positif Covid-19 yang meninggal itu merupakan pasien asal Kota Surabaya. Namun dirawat dan berdomisili di Sidoarjo.

"Sejak beliau dinyatakan meninggal kemarin malam, kami menghubungi Dinkes Surabaya, dan dikarenakan waktu yang terlalu malam, mereka belum siap menangani. Sedangkan pasien Covid-19 sebelum 4 jam harus sudah dikuburkan, akhirnya kami putuskan jenazah dimakamkan di Sidoarjo," tulisnya.

Penulis : Tito Dirhantoro

1
2



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:55
CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, KEMENTERIAN PAN-RB LARANG SELURUH ASN MUDIK SAAT LEBARAN 2020   KEMENTERIAN PAN-RB: KEBIJAKAN KERJA DARI RUMAH BAGI ASN DIPERPANJANG HINGGA 21 APRIL 2020   ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS KORONA, GUBERNUR SUMATERA BARAT MINTA PERBATASAN DARAT DAN LAUT DIPERKETAT   DAMPAK VIRUS KORONA, KERETA BANDARA SOEKARNO-HATTA KURANGI JADWAL OPERASIONAL HANYA 10 PERJALANAN   GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 MENYATAKAN CAIRAN DISINFEKTAN SEHARUSNYA HANYA DISEMPROTKAN PADA BENDA MATI   GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19: CAIRAN DISINFEKTAN KURANG EFEKTIF LINDUNGI MANUSIA DARI VIRUS KORONA   KEMENAG AKAN SIAPKAN ASRAMA HAJI SEBAGAI ALTERNATIF RUMAH SAKIT DARURAT PASIEN VIRUS KORONA   MENDAGRI KELUARKAN SURAT EDARAN SOAL PEMBENTUKAN GUGUS TUGAS PENANGANAN VIRUS KORONA DI DAERAH   KEMENLU: 122 WNI DINYATAKAN POSITIF VIRUS KORONA PER 30 MARET 2020   YLBHI MINTA DPR BATALKAN PEMBAHASAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA DAN PRIORITASKAN PENANGANAN KORONA   FRAKSI PKS DPRD DKI MINTA PEMPROV DKI PASTIKAN KETERSEDIAAN PANGAN UNTUK WARGA JIKA TERAPKAN "LOCKDOWN"   PRESIDEN JOKOWI AKAN TERBITKAN PERPRES DAN INPRES UNTUK MENGATUR ARUS MUDIK LEBARAN 2020   PRESIDEN MINTA GUBERNUR, BUPATI, DAN WALI KOTA TINGKATKAN PENGAWASAN PEMUDIK DI WILAYAH MASING-MASING   PRESIDEN JOKOWI MENILAI PERLU LANGKAH TEGAS UNTUK CEGAH MASYARAKAT DI WILAYAH JABODETABEK MUDIK