HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional indonesia update

Cegah Penyebaran Corona, Kemenhub Imbau Masyarakat Tidak Mudik Lebaran

Kamis, 26 Maret 2020 | 17:55 WIB

KOMPAS.TV - Untuk mencegah penyebaran virus korona, masyarakat diimbau tidak pulang ke kampung halaman atau mudik, pada Idul Fitri tahun ini.

Imbauan ini berdampak pada pembatalan perjalanan kereta api.

Imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah berimbas pada pembatalan sejumlah perjalanan kereta.

Baca Juga: Putus Rantai Penyebaran Corona, Warga Antre Batalkan Tiket Kereta di Stasiun

Di Stasiun Senen, Jakarta, misalnya para calon penumpang ini rela antre panjang selama berjam-jam agar bisa mengajukan pembatalan tiket kereta.

Sebagian dari mereka mengaku terpaksa berada di tengah keramaian karena ingin membatalkan rencana ke luar kota untuk mengikuti imbauan dari pemerintah.

PT KAI sebenarnya sudah mengimbau masyarakat untuk mengajukan pembatalan perjalanan melalui sistem online.

Baca Juga: Pembatalan Tiket Kereta Bisa Online Lewat Aplikasi KAI Access

Pembatalan tiket mendapat bea pengembalian 100%, berlaku bagi calon penumpang kereta api yang memiliki jadwal keberangkatan tanggal 23 Maret hingga  29 Mei 2020.

Bukan hanya bepergian ke luar kota, Pemerintah juga telah meminta warga untuk tidak mudik tahun ini. Imbauan ini dilakukan karena masih dalam kondisi darurat Covid 19 sampai mei.

Diharapkan dengan  tidak mudik, masyarakat bisa mengurangi risiko penyebaran virus korona di kampung halaman.

PT KAI Daop 1 Jakarta juga mengurangi jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona di Indonesia.
 

Editor : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:22
INDONESIA, JERMAN, NORWEGIA, QATAR, DAN UZBEKISTAN SAMBUT BAIK GENCATAN SENJATA DI AFGHANISTAN    KOALISI MASYARAKAT SIPIL DORONG KPU, DPR, DAN PEMERINTAH TUNDA PILKADA SERENTAK HINGGA 2021   CEGAH PENYEBARAN KORONA, POLDA BANTEN JAGA KAWASAN PANTAI ANYER & TANJUNG LESUNG HINGGA 3 JUNI 2020   PEMERINTAH JEPANG BERENCANA PERCEPAT CABUT STATUS DARURAT KORONA YANG DIJADWALKAN BERAKHIR 31 MEI 2020   JADI TITIK BARU PENYEBARAN KORONA, PRESIDEN AS DONALD TRUMP LARANG SEMENTARA PENDATANG DARI BRASIL   HARI KEDUA LEBARAN, KRL HANYA BEROPERASI PADA PUKUL 05.00-08.00 WIB DAN 16.00-18.00 WIB   SEBANYAK 8.202 ORANG TERCATAT MEMASUKI KEBUPATEN SUMEDANG, JAWA BARAT, PADA 23-24 MEI 2020   DIRLANTAS POLDA METRO JAYA: 275 PENGENDARA TERCATAT MELANGGAR PSBB PADA HARI PERTAMA LEBARAN YAKNI 24 MEI 2020   HINGGA 25 MEI 2020, PASIEN POSITIF KORONA YANG DIRAWAT DI RSD WISMA ATLET KEMAYORAN MENCAPAI 909 ORANG   BERAKHIR BESOK, PSBB DI BOGOR, DEPOK, DAN BEKASI UNTUK SEMENTARA DIPERPANJANG HINGGA 29 MEI 2020   IDI INGATKAN MEMBUKA AKTIVITAS KERJA SAAT PANDEMI BISA MUNCULKAN GELOMBANG KEDUA PENYEBARAN KORONA   KEMENKES WAJIBKAN PERUSAHAAN MEMPUNYAI RUANG TERSENDIRI BAGI KARYAWAN YANG MEMILIKI GEJALA KORONA   TEKAN PENYEBARAN KORONA, KEMENKES IMBAU PERUSAHAAN SEDIAKAN TRANSPORTASI KHUSUS UNTUK KARYAWAN   KEMENKES TERBITKAN PROTOKOL BARU BAGI PERUSAHAAN UNTUK BATASI JARAK ANTARPEKERJA MINIMAL 1 METER