Kompas TV regional berita daerah

Sebar Video Hoaks Kematian Pasien Corona, Seorang Pria Diamankan

Kamis, 26 Maret 2020 | 16:57 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Karena menyebarkan informasi hoaks terkait kematian seorang pasien positif corona di Bandar Lampung, seorang pria harus berurusan dengan polisi.

Hal ini mengajarkan kita untuk lebih bijak menggunakan media sosial di tengah kondisi wabah virus covid-19 atau corona.

NS, warga Bandar Lampung tak menyangka kalau ulahnya menyebarkan video hoaks melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp miliknya ini ternyata harus membuat dirinya berakhir di sel tahanan.

Video hoaks yang ia sebar ialah mengenai kematian pasien positif Covid-19 atau corona, padahal saat ini pasien sedang dirawat pada ruang siolasi RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung.

Baca Juga: Satu Pasien Positif Corona, Dinkes Lampung Imbau Warga Tetap Tenang

Informasi hoaks ini membuat masyarakat menjadi resah. Pelaku pun langsung diamankan petugas dikediamannya pada Rabu (25/3) dini hari, setelah menyebarkan video berdurasi 1 menit 20 detik tersebut.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengungkapkan, perbuatan pelaku sudah membuat keresahan warga ditengah wabah corona. Video yang disebarkan pelaku belum diketahui identitas Rumah Sakit.

Sementara NS, pelaku penyebar video bohong mengaku, tidak ada maksud untuk membuat kabar hoaks, ia mendapatkan video itu dari grup Whatsapp alumni SMA, lalu ia sebar ke group Whatsapp lainnya dan menambahkan keterangan seperti “seorang pendeta yang diisolasi di RSUD Abdul Moeloek karena terkena virus corona telah meninggal dunia”.

Baca Juga: Umat Muslim Jaga Rumah Umat Hindu Saat Perayaan Nyepi

Kendati pelaku mengaku menyesali atas perbuatannya, namun ia tetap dikenakan pasal undang-undang ITE.

#lawanhoaks #Hoax #bandarlampung

Editor : Kompastv Lampung



BERITA LAINNYA


KOMPAS SPORT

PT LIB Rubah Jadwal Kompetisi Liga 1

Senin, 28 September 2020 | 06:45 WIB
KOMPAS SPORT

Timnas U-16 akan Kembali Gelar Uji Coba

Senin, 28 September 2020 | 06:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:52
TAK ADA PENAMBAHAN TPS, KPU TANGSEL GILIR JADWAL KEDATANGAN PEMILIH UNTUK HINDARI KERUMUNAN    KPU TANGERANG SELATAN TAK BERENCANA TAMBAH JUMLAH TPS PADA PILKADA 2020   MENKO PMK SEBUT SAAT INI PEMERINTAH MULAI UBAH STRATEGI PEMBANGUNAN KESEHATAN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA IDI LINDUNGI PARA DOKTER YANG TANGANI COVID-19   KLHK PERKIRAKAN PEMULIHAN LAHAN KRITIS DI INDONESIA BUTUH 60 TAHUN   PEMPROV JATIM TEGASKAN PILKADA SERENTAK UTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN   PEMPROV DKI SIAPKAN SISTEM PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK TERPUSAT SKALA PERKOTAAN DAN PERMUKIMAN   MENAKER IDA FAUZIAH: KUNCI SUKSES DI REVOLUSI 4.0 ADALAH ADAPTIF DAN INOVATIF PADA PERUBAHAN   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA SUSUN PROTOKOL KHUSUS CEGAH MUNCULNYA KLASTER KELUARGA   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA MINTA ORANG TUA SELALU BERSIHKAN DIRI SAAT TIBA DI RUMAH    KEMENTERIAN PERDAGANGAN DUKUNG PENATAAN EKOSISTEM LOGISTIK NASIONAL   KEMENPERIN PASTIKAN INDUSTRI TERAPKAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH DENGAN BAIK    KEMENPERIN SIAP EVALUASI KEBIJAKAN INDUSTRI DI TENGAH PANDEMI COVID-19    KETUA PELAKSANA KOMITE COVID-19 ERICK THOHIR: PROGRAM BANTUAN KUOTA INTERNET UNTUK JAGA KUALITAS SDM