Kompas TV regional berita daerah

Banyak Warga Malah Mudik, DPRD Usul ke Ridwan Kamil Lockdown Sejumlah Daerah di Jawa Barat

Kompas.tv - 26 Maret 2020, 16:46 WIB
banyak-warga-malah-mudik-dprd-usul-ke-ridwan-kamil-lockdown-sejumlah-daerah-di-jawa-barat
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil gelar konferensi pers soal antisipasi sebaran virus corona yang meningkat di wilayah Jabar di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kota Bandung, Minggu (15/3/2020). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAWA BARAT, KOMPAS TV - Ketua DPRD Jawa Barat, Taufik Hidayat, memberikan usul kepada Gubernur Ridwan Kamil untuk memberlakukan lockdown atau penutupan beberapa daerah di Jawa Barat. 

Hal itu disampaikan Taufik Hidayat usai menggelar rapat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate pada Kamis (26/3/2020).

Taufik mengatakan, usulan itu disampaikan lantaran berdasarkan pengamatannya warga Jawa Barat yang berada di Jakarta kian masif melakukan mudik ke kampung halamannya.

Baca Juga: Rapid Test Corona di Jawa Barat Siap Dilakukan Mulai Besok!

"Seperti di Pantura termasuk daerah Selatan, pemerintah pusat sebetulnya sudah menyampaikan mudik dilarang. Tapi 14 hari di rumah itu tetap saja jalan-jalan, masih ke mall. Banyak warga yang belum mengerti," kata Taufik di Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/3/2020).

Menanggapi usulan tersebut, Ridwan Kamil mengatakan akan menyampaikannya terlebih dahulu kepada pemerintah pusat.

"Tadi dewan mengusulkan lockdown beberapa kota dan kabupaten, tapi sedang kita diskusikan dengan pemerintah pusat, apakah masukan-masukan dari Pemprov Jabar bisa dipertimbangkan karena situasi di daerah banyak orang mudik," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Tes Massal di Tiga Stadion Jawa Barat

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Emil itu turut menanggapi terus bertambahnya jumlah orang dalam pemantauan atau ODP terkait Covid-19 di wilayah Jawa Barat.

Menurut Emil, masalah melonjaknya jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Jawa Barat disebabkan banyaknya warga perantau asal dari Jakarta yang pulang kampung.

"Jadi, problem hari ini ODP melonjak karena orang-orang yang harusnya tinggal di Jakarta mempergunakan tidak kerja ini malah pulang ke daerahnya seperti mudik. ini yang menjadi kendala besar, sehingga kita akan lakukan sebuah tindakan yang lebih preventif," kata Emil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x