Kompas TV bisnis kebijakan

Pemerintah Siapkan BLT untuk Pedagang Kecil Sampai Tukang Ojek Online

Kamis, 26 Maret 2020 | 12:13 WIB
pemerintah-siapkan-blt-untuk-pedagang-kecil-sampai-tukang-ojek-online
Pengendara Ojek Online sedang menunggu pesanan (Sumber: Kompas.com/Fathan Radityasani)

JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah bakal memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada pekerja di sektor informal. Dari mulai pemilik warung, toko kecil, pedagang di pasar, tukang ojek online, sampai pekerja harian lainnya akan menerima bantuan tersebut.

Kementerian Koordinator bidang Perekonomian saat ini tengah meracik kebijakan penyaluran BLT bagi komunitas pekerja yang terdampak oleh merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mengatakan penyaluran BLT tersebut bertujuan untuk menopang daya beli masyarakat pekerja di sektor informal di tengah disrupsi perekonomian akibat Covid-19

Baca Juga: Presiden Jokowi Bakal Tangguhkan Cicilan Kredit Kendaraan Sopir Taksi dan Tukang Ojek Selama 1 Tahun

“Kita tahu wabah ini paling berdampak pada masyarakat perkotaan. Karena itu kami siapkan bentuk bantuan sosial melalui BLT untuk beberapa kelompok terdampak,” kata Susiwijono di Jakarta pada Kamis (26/3). 

Susi menjelaskan, saat ini pemerintah mempersiapkan BLT yang akan menyasar pada pekerja sektor informal. Itu antara lain pekerja warung, toko kecil, pedagang di pasar, hingga pekerja harian lainnya termasuk di pusat-pusat perbelanjaan. 

Untuk mengetahui data masyarakat yang akan mendapatkan bantuan tersebut, kata Susi, pemerintah akan berkoordinasi dengan perusahaan transportasi online, sejumlah asosiasi dan pemerintah daerah. 

Editor : Tito Dirhantoro

1
2



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pengukuhan Lima Pjs Bupati Walikota

Selasa, 29 September 2020 | 02:30 WIB
KOMPAS SPORT

Timnas U19 Menang 1-0 dari Dinamo Zagreb

Selasa, 29 September 2020 | 02:29 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:27
ANTISIPASI PENYAKIT RABIES, PEMPROV JATENG BERSAMA DINAS PETERNAKAN & KESEHATAN HEWAN SEDIAKAN 8.000 VAKSIN   KEMENTERIAN PUPR BANGUN 113 RUMAH TAK LAYAK HUNI WARGA BANTARAN SUNGAI LANGSA, ACEH   PEMPROV BANTEN SIAPKAN LAHAN SATU HEKTAR DI SAYAR, SERANG, UNTUK TEMPAT PEMAKAMAN KHUSUS COVID-19   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO DORONG PEMERINTAH BERKOMITMEN TUNTASKAN ENDEMIS RABIES DI 26 PROVINSI   KETUA SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT BERPERAN JADI PAHLAWAN KEMANUSIAAN   GUBERNUR RIAU MINTA PT HUTAMA KARYA PRIORITASKAN TEMPAT PERISTIRAHATAN DI TOL PEKANBARU-DUMAI DIKELOLA UMKM LOKAL   BAWASLU FOKUS AWASI KEGIATAN KAMPANYE DI MEDIA SOSIAL   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN RUU CIPTA KERJA AKAN DILANJUTKAN DI TINGKAT TIM PERUMUS DAN SINKRONISASI   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA DI TINGKAT PANITIA KERJA RAMPUNG   6 PEDAGANG POSITIF COVID-19, PASAR CIPLAK, JAKARTA SELATAN, DITUTUP SEMENTARA SELAMA 3 HARI   PEMKOT DAN DPRD KOTA BEKASI SUSUN PERDA SOAL COVID-19 UNTUK PERKUAT PENERAPAN SANKSI   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: SEKITAR 45 JUTA WARGA INDONESIA YAKIN TAK AKAN TERTULAR COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO SEBUT TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA TERSISA 3.750   SATGAS COVID-19 KEMBANGKAN MASKER KHUSUS UNTUK DAERAH ZONA MERAH