Kompas TV nasional breaking news

Ketua MPR: Ibu Sujiatmi Notomiharjo Sosok yang Sederhana

Kamis, 26 Maret 2020 | 10:44 WIB

SOLO, KOMPASTV - Ibu Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia di usia 77 tahun di Solo, Jawa Tengah pukul 16.45 menit Rabu petang.

Perempuan kelahiran 15 Februari 1943 ini, semasa hidup selalu memberikan dukungan penuh pada putranya Joko Widodo untuk memimpin negara Indonesia.

Dukungan sang ibu terlihat ketika Joko Widodo memulai perjalanan politiknya sebagai Wali Kota Solo, kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga sang putra duduk di kursi presiden.

Di tahun 2014 lalu saat putranya maju dalam pilpres, Sujiatmi Notomiharjo atau akrab di sapa Ibu Noto memberikan dukungan dan pesan yang tidak berlebihan.

Sujiatmi hanya berharap putranya bila terpilih agar bekerja keras dan jujur mengemban tugas negara.

Terpilih kedua kali untuk memimpin Indonesia, Ibu Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo tak pernah berhenti memberikan dukungan untuk putranya.

Sujiatmi tampak hadir dalam pelantikan putranya sebagai presiden masa jabatan kedua pada Oktober 2019 lalu.

Tak hanya kepada anaknya, Ibu Noto juga mendukung langkah cucunya Gibran Rakabuming Raka untuk maju dalam pemilihan Wali Kota Solo.

Sujiatmi lahir dari keluarga pedagang kayu di Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Sujiatmi merupakan perempuan satu satunya dari tiga bersaudara putra pasangan Wirorejo dan Sani.

Dari pernikahan dengan Widjiatno Notomiharjo, Sujiatmi dikaruniai empat anak dan Presiden Jokowi merupakan putera pertamanya.

Semasa hidup, Sujiatmi mengajarkan sikap kerja keras, disiplin waktu, dan rukun saling bantu antar-saudara serta banyak bersyukur.

Presiden Joko Widodo dalam keterangan persnya mengatakan sang ibu sudah menderita sakit selama 4 tahun terakhir.

Presiden meminta kepada masyarakat Indonesia untuk memaafkan sang ibu selama masa hidupnya.
 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:19
POLSEK KEMAYORAN GELAR "RAPID TEST" COVID-19 SETELAH SATU ANGGOTANYA POSITIF TERINFEKSI KORONA   SATGAS PENANGANAN COVID-19: KASUS BARU VIRUS KORONA BERTAMBAH 2.473 DALAM 24 JAM TERAKHIR   KEMLU SEBUT KBRI DI BEIRUT BERI BANTUAN LOGISTIK PASCA-LEDAKAN DI LEBANON   KEMENLU SEBUT ADA 5 WNI YANG DITANGKAP DI MALAYSIA KARENA MEMBAWA 230 KILOGRAM GANJA   KUASA HUKUM HADI PRANOTO, ANGGA BUSRA, SEBUT KLIENNYA SIAP PENUHI PANGGILAN POLDA METRO JAYA   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN TILANG PELANGGAR GANJIL-GENAP MULAI SENIN, 10 AGUSTUS 2020   PEMKOT CIMAHI, JAWA BARAT, DITUTUP SELAMA 3 HARI SETELAH EMPAT ASN POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   POLRESTABES SURABAYA TANGKAP GILANG TERKAIT KASUS DUGAAN PELECEHAN SEKSUAL DI JALAN CILIK RIWUT, KAPUAS, KALTENG   TERSANGKA KASUS PELARIAN BURON DJOKO TJANDRA, ANITA KOLOPAKING PENUHI PANGGILAN BARESKRIM POLRI   PEMKOT SURABAYA PERCEPAT PERBAIKAN STADION GELORA BUNG TOMO SESUAI STANDAR FIFA UNTUK PIALA DUNIA U-2020   HADI PRANOTO LAPORKAN KETUA CYBER INDONESIA MUANNAS ALAIDID KE POLDA METRO JAYA ATAS TUDUHAN PENCEMARAN NAMA BAIK   MENLU RETNO MARSUDI HUBUNGI MENLU AS MIKE POMPEO BAHAS KERJA SAMA VAKSIN KORONA DAN INVESTASI PERDAGANGAN   MENLU SEBUT PERWAKILAN INDONESIA DI INDIA AKAN DAMPINGI WNI YANG MENDAPAT PUTUSAN UNTUK BAYAR DENDA   MENTERI LUAR NEGERI RETNO MARSUDI: 431 WNI JAMAAH TABLIG DI INDIA DIDENDA BERKISAR ANTARA 5.000-10.000 RUPEE