Kompas TV nasional sapa indonesia

Layanan Tatap Muka Ditutup, Disdukcapil Jakarta Gunakan WhatsApp

Kompas.tv - 25 Maret 2020, 17:35 WIB

KOMPAS.TV - Dinas Catatan Sipil Kependudukan tetap membuka pelayanan untuk masyarakat, namun tidak membuka layanan tatap muka langsung selama masa pemberlakuan physical distancing atau jaga jarak fisik.

Bagi warga yang hendak mengurus surat kelahiran atau kematian dan dokumen kependudukan lainya bisa melalui nomor telepon dengan menggunakan aplikasi whatsapp yang disediakan.

Pandemi corona membuat Pelayanan Kependudukan di DKI Jakarta, untuk sementara menutup layanan tatap muka di kantor pelayanan. 
Namun pihak pemerintah tetap membuka layanan melalui aplikasi whatsapp untuk warga yang mengurus surat kelahiran, kematian atau dokumen kependudukan lainnya.

Untuk pelayanan kependudukan di wilayah jakarta selatan, petugas menyediakan sejumlah nomor telepon untuk melayani masyarakat yakni , antara lain 087788976613, 085697886564 dan 083893422945, dengan menggunakan aplikasi whatsapp.

Imbauan terkait pelayanan tanpa tatap muka ini, telah disebarluaskan ke setiap kelurahan-kelurahan di Jakarta Selatan.

Proses pelayanan ini juga tergolong mudah, karena masayarakat hanya diminta mengirimkan foto dokumen.

Nantinya, petugas akan mengirimkan formulir yang harus diisi kemudian kembali dikirim ke petugas melalui pesan singkat whatsapp.

Pemberlakuan sistem pelayanan tanpa muka merupakan bentuk penerapan pysical distancing, jaga jarak fisik yang diberlakukan pemerintah, khususnya Pemprov DKI Jakarta, dalam pencegahan penyebaran Covid19
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.