Kompas TV regional berita daerah

2 Pasien PDP Covid-19 Meninggal di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto

Kompas.tv - 25 Maret 2020, 10:52 WIB
2-pasien-pdp-covid-19-meninggal-di-rsud-margono-soekarjo-purwokerto
Ilustrasi jenazah (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

PURWOKERTO, KOMPAS TV - Dua orang yang masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan atau PDP dilaporkan meninggal dunia di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, pada Selasa (24/3/2020).

Namun demikian, kedua pasien belum diketahui positif atau negative terpapar virus corona atau Covid-19 lantaran masih menunggu hasil laboratorium swab.

Kepala Bagian Umum RSUD Margono Soekarjo, Veronica Dwi Winahyu, membenarkan ada dua pasien dalam pengawasan yang meninggal dunia. Keduanya pasien yakni laki-laki dan perempuan.

“Pasien PDP hari ini meninggal dua orang. Satu orang dari Purwokerto dan satu lagi dari Cilacap. Hasil swab belum keluar,” kata Veronica di Purwokerto, Jawa Tengah pada Selasa (24/3/2020).

Sementara itu, Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap, M Wijaya, mengatakan seorang pasien meninggal asal Cilacap merupakan laki-laki berusia 65 tahun.

Baca Juga: 1 Pasien Positif Covid-19 Sembuh di Malang Dipulangkan

Awalnya, kata Wijaya, pasien tersebut dirawat di salah satu rumah sakit di Cilacap pada Kamis (19/3/2020). Kemudian keesokan harinya dirujuk ke RSUD Margono Soekarjo.

Menurut dia, pasien datang dengan keluhan demam. Hasil anamnesa yang bersangkutan mempunyai riwayat penyakit diabetes, hipertensi dan pneumonia.

“Selanjutnya pada Selasa (24/3/2020) pukul 12.30 WIB, rumah sakit yang merawat pasien menginformasikan bahwa pasien tersebut meninggal dunia. Sampai saat ini, hasil laboratorium pemeriksaan COVID-19 belum ada,” kata Wijaya.

Selama waktu 14 hari sebelum dirawat, Wijaya mengungkapkan sang pasien memiliki riwayat bepergian ke beberapa kota.

Meski tidak ada kontak langsung dengan pasien positif Covid-19, pasien dikategorikan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) karena berdasarkan riwayat perjalanan dan gejala yang ditemukan.

Sebelumnya, Bupati Banyumas Achmad Husein menyebut satu orang PDP asal Banyumas meninggal dunia di RSUD Margono. 

“PDP asal Desa Sumampir, Purwokerto Utara, karyawan swasta, jenis kelamin perempuan, umur 53 tahun hari ini telah meninggal dunia,” kata Achmad Husein.

Baca Juga: 24 PDP di RS Hasan Sadikin. 11 PDP Positif Covid-19

Husein menyampaikan, pasien itu memiliki riwayat perjalanan ke Solo pada 24 Februari 2020. Kemudian pada 9 Maret 2020 muncul gejala. Lalu dibawa ke RS Hermina Purwokerto pada 18 Maret 2020.

“Kemudian dirujuk ke RSUD Margono pada 20 Maret. Langsung swab dikirim ke Laboratorium BBTKLPP Yogyakarta. Namun sampai dengan sekarang hasil tes laboratorium belum keluar,” kata Husein.

Husein mengatakan, karena hasil tes belum keluar maka penyebab meninggalnya pasien belum tentu karena virus korona jenis baru. 

“Saya harap masyarakat tidak panik. Namun tetap jaga-jaga dan waspada. Oleh sebab itu, sistem pemandian jenazah, tindak lanjut penguburan tetap akan diberlakukan sesuai SOP Covid19 demi kehati-hatian dan kewaspadaan kita semua,” ujar Husein.

Baca Juga: Warga Lumajang Meninggal Sepulang Umroh, Diduga Terinfeksi Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x