Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati - Benteng Diri

Kompas.tv - 29 Maret 2020, 06:30 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Ada pertanyaan dari Teman Hati tentang bagaimana cara agar diri ini dapat terbentengi dari pengaruh buruk Sosmed, Kang Rashied menjawab, dalam surat Ali ‘Imran Ayat 14. Allah -Ta'ala berfirman,

"Zuyyina lin-naasi ubbusy-syahaati minan-nisaa`i wal-baniina wal-qana iiril-muqan arati mina - ahabi wal-fi ati wal-khailil-musawwamati wal-an'aami wal- ar , aalika mataa'ul- ayaatid-dun-yaa, wallaahu 'indah usnul-ma`aab"

Arti: Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

Tafsir Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 14 ini Allah Ta'ala menyampaikan bahwasanya Dia telah menghiasi hidup manusia sebagai ujian bagi mereka dengan kecintaan pada kesenangan-kesenangan duniawi, seperti wanita, anak laki-laki, harta yang banyak dan berlimpah berupa emas dan perak, kuda yang bertanda lagi bagus, binatang ternak berupa unta, sapi dan kambing, dan pertanian. Itu adalah kesenangan hidup di dunia yang bisa dinikmati dalam jangka waktu tertentu kemudian hilang.

Maka tidak sepatutnya seorang mukmin menggantungkan hidupnya pada kesenangan tersebut. Hanya Allah saja yang memiliki tempat kembali yang baik, yaitu surga yang luasnya seluas langit dan bumi.


Maka itu untuk membentengi diri dari Sosmed itu agar diniatkan saja di hati  untuk Silaturahim, menuntut ilmu, dan menambah wawasan sehingga dapat berubah menjadi ibadah diri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x