Kompas TV regional berita daerah

Ridwan Kamil Sebut Bupati Karawang Terpapar Covid-19 di Acara Hipmi

Kompas.tv - 24 Maret 2020, 18:19 WIB
ridwan-kamil-sebut-bupati-karawang-terpapar-covid-19-di-acara-hipmi
ridwan kamil rapid test bekasi (Sumber: kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

BANDUNG, KOMPAS TV - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyebut Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana terpapar virus corona atau Covid-19 di sebuah acara Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau Hipmi Jawa Barat.

Diketahui, sebelum mengalami gejala sesak nafas saat memberi sambutan pada pelantikan 45 kepala desa pada Jumat (20/3/2020), Bupati Cellica sempat mengikuti Musyawarah Daerah (Musda) Hipmi Jawa Barat  di Swiss-Bellin Hotel, Kabupaten Karawang pada 9 Maret 2020.

"Saya sampaikan ada satu lagi kepala daerah di provinsi Jabar yang sudah melakukan tes dan hasilnya positif yaitu bupati Karawang bu Cellica,” kata Ridwan Kamil dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana Positif Covid-19

Pria yang akrab disapa Emil itu menuturkan, sebelum Cellica melapor, Ridwan Kamil mengaku sudah mengetahui yang bersangkutan tetrpapar Covid-19. Itu karena pihak Pemprov Jawa Barat sudah mengambil keputusan untuk tes mandiri.

“Bu Cellica tadi memberikan informasi yang saya sudah tahu hasilnya dan saya minta izin untuk melaporkan. Dan kami betul-betul mengambil keputusan yang benar, yaitu tes mandiri yang hasilnya bisa dicek oleh laboratorium kami sendiri selama seminggu ini,” ujar Emil.

Menurut bekas Wali Kota Bandung itu, acara Musda Hipmi Jawa Barat yang digelar di Karawang dinilai jadi pola penyebaran Covid-19 baru.

Sebab, sudah tujuh orang dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah hadir di acara tersebut. Termasuk Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

“Kami menemukan ada pola persebaran. Lebih dari tujuh orang terpapar positif adalah orang yang datang ke acara Musda Hipmi pada 9 Maret di Karawang termasuk bupati karawang terpapar positif," tutur Emil.

Baca Juga: Kisah Anak yang Ditampung Ridwan Kamil Karena Orangtuanya Positif Corona: Kangen Ayah Bunda...

Karena itu, ia pun mengimbau kepada seluruh pihak yang terlibat acara tersebut untuk melaporkan diri ke Dinas Kesehatan daerah masing-masing dan meminta segera dilakukan pemeriksaan.

"Sehingga, saya mengimbau semua yang hadir di acara Musda Hipmi yang mendengar suara saya di media, agar segera melapor Dinkes di kota kabupaten masing-masing.

"Hari ini atau esok pagi segera untuk dilakukan tes yang alhamdulillah rapid tes sudah siap dilaksanakan mulai besok."



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.