Kompas TV nasional berita kompas tv

Pendaftaran Relawan Penanganan Covid-19 Dibuka, Mahasiswa Bisa Daftar juga

Kompas.tv - 22 Maret 2020, 19:14 WIB
pendaftaran-relawan-penanganan-covid-19-dibuka-mahasiswa-bisa-daftar-juga
Ilustrasi: Tim medis membawa pasien yang terinfeksi Covid-19 atau virus corona. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Penanganan Covid-19 semakin serius. Kini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Indonesia membuka pendaftaran relawan untuk ikut terjun dalam penanganan Covid-19.

Hal tersebut juga untuk merespons banyaknya masyarakat yang ingin ikut mendorong percepatan penanganan virus.

Baca Juga: Kasus Corona di Indonesia Menjadi 514 Orang

"Kami berdasarkan arahan dari kepala gugus tugas menyampaikan bahwa untuk semua relawan yang akan bergabung dapat bersama-sama untuk menyalurkan bantuannya maupun tenaganya," kata Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) Andre Rahadian dalam konferensi pers di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Minggu (22/3/2020).

Andre mengungkapkan, relawan yang paling banyak dibutuhkan adalah tenaga kesehatan. Dalam hal ini, yang diperbolehkan mendaftar tidak hanya alumni perguruan tinggi dari rumpun ilmu kesehatan, tetapi juga mahasiswa tingkat akhir.

"Kita juga mengundang bukan hanya dokter, tapi juga mahasiswa tingkat akhir sesuai dengan instruksi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa ini bisa dianggap sebagai praktik kerja," ujar dia.

Mereka, kata Andre, dapat bergabung sebagai tenaga medis, tenaga administrasi, dan support di rumah sakit. Selain itu, bantuan relawan juga dibutuhkan dalam hal dukungan logistik, serta penanganan golongan rentan ekonomi.

Baca Juga: Wisma Atlet Kemayoran Untuk Pasien Corona Dengan Gejala Ringan

Meskipun diutamakan relawan dari kalangan tenaga kesehatan, Gugus Tugas juga membuka pendaftaran bagi mereka yang bukan tenaga medis.

Menurut Andre, pihaknya saat ini tengah mengoordinasikan proses pendaftaran relawan ini, yang nantinya bakal diumumkan di laman resmi BNPB dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19.

"Tujuan dari penanganan ini bersama relawan bisa direplika, difungsikan, bukan hanya di pusat tapi juga di semua provinsi dan kabupaten, sehingga semua penanganan ini bisa berjalan dengan cepat dengan bantuan relawan," katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x