Kompas TV nasional berita kompas tv

Mahfud Terharu, TNI Angkut Pulang Alkes Penanganan Corona Untuk Indonesia

Kompas.tv - 22 Maret 2020, 06:43 WIB
mahfud-terharu-tni-angkut-pulang-alkes-penanganan-corona-untuk-indonesia
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019 (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV – Sebanyak 9 ton alat kesehatan diangkut pulang personel TNI AU dari China ke Indonesia pada Minggu (22/03/2020).

Alat-alat kesehatan akan  digunakan untuk penanganan pasien virus corona di Indonesia.

TNI AU pesawat angkut berat C130 Hercules untuk mengangkut logistik kesehatan penanganan virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

Aksi ini mendapat tanggapan dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md.

"TNI AU memberangkatkan 2 pesawat untuk membeli obat Corona ke negeri seberang. Mengharukan," kata Mahfud dalam twitter peribadinya, Minggu (22/3/2020).

Tanggapan Menko Polhukam Mahfud MD, terkait kerja TNI AU memberangkatkan 2 pesawat untuk membeli obat Corona ke China (Sumber: Twitter @mohmahfudmd)

Menurut Mahfud di saat pemerintah menyerukan work from home hingga social distancing dalam beraktivitas, para personel TNI tetap melakukan tugas Negara untuk kepentingan bangsa.

“Rakyat disuruh diam rumah oleh pemerintah sedang mereka diminta pergi jauh dari rumah utk mencari obat. Demi kebaikan, mari kompak, bersama mengikuti arahan pemerinta utk social distancing.” Lanjut kata Mahfud dalam twitter.

Alat Kesehatan dari China siap diangkut ke Indonesia untuk membantu penangangan virus corona atau covid 19 (Sumber: Dok DISPENAU)

Sebelumnya, Keberangkatan pesawat juga atas surat permohonan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, TNI AU telah memberangkatkan satu unit pesawat C130 Hercules dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Alkes yang akan diangkut dari China meliputi:

  1. disposable masks,
  2. masker N-95,
  3. protective clothing,
  4. kacamata pelindung,
  5. sarung tangan,
  6. pelindung sepatu,
  7. infrared thermometer, dan
  8. surgical caps.


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x