Kompas TV travel jelajah indonesia

Ombak Dahsyat Jadikan Pantai ini Masuk 7 Giant Wave Wonder

Kompas.tv - 21 Maret 2020, 21:56 WIB
Penulis : Herwanto

BANYUWANGI, KOMPAS.TV

 

Banyuwangi menawarkan berbagai pesona alam dari dataran tinggi hingga pesisir. Pantai di pesisir selatan Banyuwangi pun seakan memanggil para wisatawan untuk menjamah alamnya, dari wisata pantai hingga extreme sport. Dayu yang telah mencicipi mencari ikan semalaman bersama para nelayan Grajagan, hingga menyelami kehidupan warga di Teluk Bedul yang masuk di kawasan Taman Nasional Alas Puwo dan melihat langsung bagaimana kerang capar dan kerang bambu diperoleh warga. Pantai di pesisir selatan Jawa Timur ini juga memiliki ombak yang dahsyat. Pasalnya, Samudera Indonesia bukan hanya terkenal dengan legenda Ratu Laut Selatan, namun juga ombak raksasanya. Salah satunya Pantai Plengkung – yang disebut G-Land – oleh para peselancar.

Pantai Plengkung bukan destinasi asing bagi peselancar dunia. Mike dan Bill Boyum, duo peselancar asal Amerika Serikat itu menemukannya pada tahun 1972. Lokasinya yang berhadapan dengan Samudera Indonesia, membuat pantai itu bergelombang besar, memanjang, tinggi, dan berkecepatan tinggi.

Tapi, pipeline atau ombak yang berbentuk tabung itu hadir tidak setiap waktu. Hanya terjadi seminggu setelah bulan purnama di sepanjang bulan April sampai September. Kategori ombak di G-Land ini ada 3, yaitu Kong dengan tinggi ombak 8 meter, speediest 6 meter dan mini tracks dengan tinggi ombak 3-4 meter. Selain ombak, lokasinya yang berada di tengah hutan belantara lebat itu, membuatnya digandrungi wisatawan. Lokasinya tepat berada di Taman Nasional Alas Purwo.

Wisatawan mancanegara menaklukan ombak dengan papan selancar di Pantai Plengkung, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Para peselancar biasanya memesan terlebih dahulu, sebelum berkunjung ke Pantai Plengkung. Selain kamarnya terbatas, tak ada transportasi umum menuju dua resor di pantai itu. Untuk menuju Pantai G-Land, turis bisa datang dari Banyuwangi atau Bali. Inilah yang membuat pamor Banyuwangi meningkat, sekaligus menjadi ajang jualang agen perjalanan di Bali.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x