Kompas TV nasional aiman

Ahok & Kontroversi "Gubernur" Ibu Kota Baru - AIMAN (Bag 1)

Kompas.tv - 21 Maret 2020, 18:04 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Pekan lalu, Presiden Joko Widodo mengumumkan empat nama calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Mereka adalah Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Komisioner Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama, dan Direktur Utama PT Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana. Jika terpilih nanti, target utama dari Kepala Badan Otorita IKN adalah menyelesaikan proses pemindahan ibu kota negara tepat waktu dan juga mengoordinasi kepindahan seluruh kementerian dan lembaga.

Meski belum diputuskan, namun diantara keempat nama calon "Gubernur" Ibu Kota baru tersebut, ada satu sosok yang memiliki pro dan kontra, Basuki Tjahaja Purnama. Usai namanya diumumkan menjadi salah satu kandidat, beberapa pihak mempertanyakan kelayakan mantan Gubernur DKI Jakarta ini memimpin proses pemindahan ibu kota. Meski demikian, sebagian yang lain mendukung Ahok sebagai "Gubernur" Ibu Kota baru.

Lantas bagaimana sebenarnya tanggapan dan harapan warga terhadap siapapun yang akan memimpin proses pemindahan ibu kota baru? Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono mencoba terjun langsung ke lapangan untuk mewawancarai warga dan menanyakan hal tersebut. Tak hanya itu, AIMAN juga akan mencari tahu kriteria yang tepat bagi calon "Gubernur" Ibu Kota baru. Simak selengkapnya dalam tayangan AIMAN episode Ahok & Utak-Atik "Gubernur" Ibu Kota Baru bagian satu berikut ini.

#aiman #btp #ahok

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x