Kompas TV nasional sapa indonesia pagi

Cara Membuat Hand Sanitizer

Kompas.tv - 21 Maret 2020, 09:15 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembersih tangan atau hand sanitizer saat ini menjadi benda yang banyak diburu masyarakat.

Karena banyak diburu masyarakat, jadi jangan heran stok hand sanitizer di sejumlah toko menipis, bahkan sudah tidak tersedia dalam kurun beberapa hari terakhir.

Namun tak perlu khawatir, sebab hand sanitizer juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di pasaran.

Sudah ada Desak Putu Raka Permana Dewi, dari Kimia Farma, yang akan berbagi cara membuat hand sanitizer.

Hand sanitizer merupakan pembersih tangan yang memiliki kemampuan
antibakteri dalam menghambat  hingga membunuh bakteri

1. Ethanol

Ethanol atau yang kerap disebut alkohol saja merupakan cairan alkohol yang biasa menjadi bahan utama dalam minuman beralkohol seperti bir, anggur atau brendi. Karena mudah larut dalam air dan senyawa organik lainnya, etanol juga merupakan bahan dalam berbagai produk, dari produk perawatan pribadi dan kecantikan hingga cat dan pernis.

2. Gliserin

Gliserin atau gliserol adalah senyawa gliserida yang paling sederhana. Gliserin dalam pembuatan hand sanitizer berguna untuk membuat alkohol lebih mudah diaplikasikan pada kulit. Gliserin juga berguna melembapkan kulit dan mencegah iritasi kulit akibat alkohol.

3. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah cairan bening, agak lebih kental daripada air, yang merupakan oksidator kuat. Hidrogen peroksida berperan sebagai zat antiseptik seperti alkohol dalam hand sanitizer. Zat ini digunakan untuk mengentikan pertumbuhan mikroba yang dapat berkembang di cairan hand sanitizer.

4. Aquades
Pelarut 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x