HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Rupiah Kian Melemah, Langkah Darurat Apa Yang Disiapkan Pemerintah?

Jumat, 20 Maret 2020 | 22:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Penyebaran virus corona berdampak pada perekonomian Indonesia.  

Rupiah dan bursa saham ikut terimbas virus corona.

Per 20 Maret 2020 pukul 17.00 WIB, nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat menyentuh level Rp 16.273 per Dollar Amerika Serikat.

Presiden Joko Widodo meminta Bank Indonesia terus melakukan upaya untuk mengembalikan stabilitas rupiah.

Menghadapi melemahnya perekonomian dalam negeri, Bank Indonesia telah mengeluarkan 7 kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas pasar keuangan.

Salah satunya mempercepat berlakunya ketentuan penggunaan Rupiah dalam negeri bagi investor asing.

Selain berkonsentrasi mencegah wabah corona tak makin meluas, pemerintah juga harus membuat kebijakan ekonomi yang tepat sehingga aktivitas ekonomi tak terganggu.

Presiden Jokowi menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar terus fokus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

Bidang usaha pariwisata dan manufaktur menjadi bidang usaha yang paling terdampak akibat corona.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Rosan Roeslani menyebutkan penguatan di sektor UMKM dapat menjadi salah satu aspek yang dapat memberikan napas panjang kepada rupiah.

Pasalnya, stimulus perekonomian jilid I yang dilakukan oleh pemerintah dengan memberikan diskon di sektor pariwisata tidak terlalu berdampak signifikan sehingga harus dibuat kembali stimulus perekonomian jilid kedua yang menyangkut beberapa aspek lainnya. 

 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
22:51
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA EPAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   KEMENKOP & UKM AJAK PELAKU KOPERASI DAN UMKM MEMPRODUKSI MASKER KAIN DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMKOT TANGSEL SIAPKAN RP 100 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA   WALI KOTA DEPOK SEBUT BERKAS USULAN PSBB UNTUK WILAYAHNYA SUDAH LENGKAP   WALI KOTA DEPOK M IDRIS USULKAN PSBB DI BODEBEK AGAR PEMBATASAN ANGKUTAN UMUM TERINTEGRASI   BLUE BIRD BATASI KAPASITAS PENUMPANG HANYA 50% SAAT PSBB DIBERLAKUKAN DI JAKARTA   GRAB INDONESIA MINTA LAYANAN TRANSPORTASI RODA 2 TETAP DIPERBOLEHKAN ANGKUT PENUMPANG SAAT PSBB DI JAKARTA   OPERASIONAL KERETA BANDARA SOEKARNO-HATTA DAN KUALANAMU DIHENTIKAN SEMENTARA MULAI 12 APRIL-31 MEI 2020   RUAS TOL JORR SEKSI S, JAKARTA, DISEMPROT DISINFEKTAN UNTUK CEGAH PENYEBARAN KORONA   KEMENTERIAN PPPA BELUM MEMILIKI DATA JUMLAH ANAK-ANAK YANG TERPAPAR VIRUS KORONA   PEMERINTAH MENGGESER CUTI BERSAMA HARI RAYA IDUL FITRI DARI MEI 2020 KE DESEMBER 2020 AKIBAT PANDEMI KORONA   PEMERINTAH TELAH MENGANGGARKAN RP 405,1 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA