Kompas TV regional berita daerah

Dilarang ke Cianjur, 5 Pejabat PDAM Diisolasi di Bogor Usai Pelesir dari Eropa

Kompas.tv - 20 Maret 2020, 16:16 WIB
dilarang-ke-cianjur-5-pejabat-pdam-diisolasi-di-bogor-usai-pelesir-dari-eropa
Kantor PDAM Tirta Mukti Cianjur (Sumber: TRIBUN JABAR/FERRI AMIRIL)
Penulis : Tito Dirhantoro

CIANJUR, KOMPAS TV - Lima pejabat PDAM Tirta Mukti Cianjur, Jawa Barat sudah kembali ke Indonesia pada Kamis (19/3/2020) usai melawat ke Eropa. 

Mereka pun diminta untuk menjalani isolasi diri untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Hal tersebut diminta langsung oleh Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Herman mengatakan, dirinya telah menginstruksikan tim medis Dinas Kesehatan untuk mengisolasi pejabat PDAM Tirta Mukti Cianjur yang baru pulang liburan dari Eropa.

Oleh Bupati, mereka tidak boleh pulang ke Cianjur sebelum benar-benar dinyatakan bersih dan sehat secara medis dari paparan Covid-19.

Pihaknya tak ingin para pejabat di lingkungan BUMD Pemkab Cianjur itu pulang membawa 'oleh-oleh' virus yang bisa membahayakan keselamatan dan kesehatan warga Cianjur.

Baca Juga: Lima Pejabat PDAM Cianjur ke Eropa Saat Wabah Virus Corona, Awalnya Hendak Umrah

“Harus disterilkan dulu, harus diperiksa dan dipastikan secara medis jika mereka benar-benar bersih dan sehat,” kata Herman seperti dikutip Kompas.com pada Jumat (20/3/2020).

Menurut dia, kondisi kesehatan dan keselamatan masyarakat Cianjur harus diperhatikan juga. “Karena itu, kalau sudah clear baru silakan pulang,” ujar dia.

Sementara Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Cianjur Yusman Faisal, menyebutkan kedelapan rombongan pejabat PDAM Cianjur sudah diisolasi di suatu tempat di kawasan Bogor.

Sebelumnya, mereka diperbolehkan keluar bandara oleh petugas kesehatan setelah dinyatakan sehat atau tidak terdeteksi ada gejala penyakit.

“Namun, sesuai mekanisme harus menjalani observasi dan dikarantina selama 14 hari ke depan. Apalagi mereka baru pulang dari luar negeri,” kata Yusman.

Yusman menegaskan, selama menjalani karantina mandiri, mereka akan dipantau tim medis, termasuk diambil sampel darahnya.

“Kalau selama masa isolasi hasilnya negatif, mereka baru diperbolehkan pulang,” ucapnya.

Baca Juga: Pejabat PDAM Cianjur yang Liburan ke Eropa Diminta Pulang, Sanksi Berat Menanti

Sebelumnya diberitakan, rombongan pejabat PDAM Tirta Mukti Cianjur, Jawa Barat, yang pelesir ke Eropa tiba di tanah air via Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Kamis (19/3/2020) petang.

Petugas kesehatan bandara bersama tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur langsung memeriksa kondisi kesehatan kelima pejabat BUMD Pemkab Cianjur itu, berikut tiga anggota keluarga mereka yang turut dalam rombongan.

Kendati keberangkatan mereka untuk urusan pribadi dalam masa cuti kerja, namun mereka dipandang tidak punya kepekaan terhadap situasi dan kondisi saat ini.

Terlebih, pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah telah mengeluarkan imbauan hingga larangan kepada pejabat publik untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota dan luar negeri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x