Kompas TV regional berita daerah

Agenda KKB Merapat ke Tembagapura Sudah Tercium TNI, Bukan Incar Freeport

Kompas.tv - 20 Maret 2020, 01:58 WIB
agenda-kkb-merapat-ke-tembagapura-sudah-tercium-tni-bukan-incar-freeport
Para anggota KKB yang diyakini adalah anggota dari Selcius Waker yang membakar sebuah gereja di Kampung Opitawak,Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (12/3/2020) (Sumber: Istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro

PAPUA, KOMPAS TV - TNI mencium agenda beberapa kelompok kriminal bersenjata (KKB) merapat ke Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. 

Bukan untuk mengincar perusahaan tambang emas PT Freeport Indonesia, melainkan untuk merebut atau mengambilalih kekuasaan di jajaran Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB).

Demikian diungkapkan oleh Wakapendam XVII/Cendrawasih Letkol Inf. Dax Sianturi. Dax menuturkan, KKB hendak mengambil alih kepemimpinan Goliat Tabuni di jajaran TPNPB. 

Karena usianya yang sudah tidak muda lagi, kata Dax, hal itu kemudian dijadikan peluang bagi pimpinan yang ada di bawahnya untuk menggeser kepemimpinan Goliat Tabuni.

Baca Juga: TNI Sebut Ada Perpecahan di Tubuh KKB Papua

"Sebenarnya GT (Goliat Tabuni) sudah cukup berumur dan secara fisik tidak lagi sekuat dulu. Namun ketokohannya masih cukup berpengaruh bagi generasi di bawahnya. Karena sudah semakin renta jadi peluang bagi pimpinan di bawahnya untuk menggesernya," kata Dax di Jayapura, Kamis (19/3/2020).

Adapun di Tembagapura terdapat kawasan PT Freeport Indonesia, kata Dax, dijadikan daya tawar untuk bisa menaikkan pamor KKB, sehingga peluang menjadi pimpinan tertinggi TPNPB terbuka lebar. 

"Bisa jadi pergerakan KKB ke Tembagapura untuk menggeser kedudukan GT yang selama ini kita dengar sebagai Panglima Tertinggi TPNPB," ujar Dax.

"Mereka berharap itu bisa menaikan nama mereka, sehingga keberadaan GT bisa semakin dilupakan.”

Dax mengungkapkan di tubuh KKB saat ini masih ada persaingan. Aantar pimpinannya pun masih menyimpan ego yang tinggi. Bahkan dalam satu kelompok kini sudah mulai ada ketidakpatuhan antara pimpinan dan anggotanya.

Baca Juga: KKB Bakar Gereja di Tembagapura, TNI: Kami Punya Bukti Dokumentasi dari Udara

Hal ini terlihat dari aksi kelompok Selcius Waker yang membakar sebuah gereja di Kampung Opitawak, Distrik Tembagapura pada 12 Maret 2020 lalu.

Dax memastikan KKB belum pernah melakukan pembakaran gereja atau rumah ibadah. Namun, aksi yang dilakukan Selcius Waker bukan atas perintah atasannya Lekagak Telenggen.

"Di dalam tubuh mereka ada persaingan, masing-masing ingin menonjolkan dirinya supaya memiliki kedudukan lebih terhormat dibanding lainnya," kata Dax.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x