Kompas TV video cerita indonesia

Pemerintah Sudah Siapkan Anggaran Lockdown, Ini Skenarionya...

Kompas.tv - 19 Maret 2020, 23:49 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran apabila skenario lockdown dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Pasti disiapkan (anggarannya), jika BNPB memutuskan isolasi," tegas Sri Mulyani dalam konferensi pers melalui video konferensi, Rabu (18/3/2020).

Namun demikian, pemerintah hingga kini masih memutar otak untuk kesediaan sumber daya manusia dalam kaitannya dengan distribusi bahan logistik jika terjadi lockdown.

"Kita posisinya terus mendukung jangan sampai kekurangan resources. Masalahnya bukan uang tapi SDM untuk logistic delivery, bagaimana menyampaikan kebutuhan pokok mereka supaya bisa mendapatkan kebutuhna pokok. Ini jadi pusat perhatian dari gugus tugas," ujar Sri Mulyani.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, Kemenkeu tengah berkoordinasi dengan BNPB dalam mempersiapkan berbagai skenario penanganan virus corona ini.

Skenario tersebut termasuk penanganan di desa juga di lokasi dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi.

"Kalau BNPB memutuskan isolasi, pasti sudah dipikirkan juga bagaimana supporting growth. Bahkan sampai masalah ke desa. Kalau di desa, di mana permukiman cukup padat social distance sulit dilakukan," ujar dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.