Kompas TV nasional berita kompas tv

Waspada Corona, Tes SKB CPNS 2019 Ditunda Seleksi CPNS Ikut Mundur

Kompas.tv - 19 Maret 2020, 07:45 WIB
waspada-corona-tes-skb-cpns-2019-ditunda-seleksi-cpns-ikut-mundur
Ilustrasi Pelaksanaan seleksi CPNS pada 2017. (Sumber: KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO)
Penulis : Johannes Mangihot

 

JAKARTA, KOMPASTV - Pemerintah memutuskan menunda jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 hingga menunggu ketetapan selanjutnya.

Dalam agenda yang disusun Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019, tes SKB CPNS sejatinya dilaksanakan pada 25 Maret 2020. Namun jadwal tersebut terpaksa ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

Penundaan jadwal itu menyusul status Tanggap Darurat Bencana Nasional Non-Alam Pandemi Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah hingga tanggal 29 Maret 2020, serta imbauan Presiden Joko Widodo untuk bekerja di rumah atau work from home, dan menghindari keramaian.

Baca Juga: Cerita Mahfud MD yang Pernah Gagal Ikut CPNS Malah Jadi Menteri

Penundaan ini meliputi pelaksanaan SKB dengan CAT dan juga SKB yang diselenggarakan oleh masing-masing instansi. Penguman penundaan jadwal tertuang dalam Surat Nomor B/318/M.SM.01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal Penundaan Jadwal Pelaksanaan SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.

Pengumuman yang ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo selaku Ketua Panselnas juga ditujukan kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pusat dan Daerah.

"Ditunda sampai dengan ditetapkannya kebijakan lebih lanjut berdasarkan evaluasi Panselnas yang hasilnya akan kami beritahukan kemudian dalam bentuk Surat Edaran," bunyi surat yang ditandatangani Tjahjo Kumolo, dikutip dari siaran pers Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kamis (19/3/2020).

Meski ada penundaan jadwal SKB, pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tetap dilaksanakan sesuai jadwal melalui portal resmi penerimaan CPNS Tahun 2019 masing-masing instansi. Adapun jadwal pengumuman tersebut adalah 22 hingga 23 Maret 2020.

 

Seleksi CPNS 2019 Mundur

Penundaan pelaksanaan SKB turut berdampak terhadap mundurnya jadwal tahapan tes CPNS 2019. 

Baca Juga: Peserta CPNS Kontraksi Saat Ikuti Tes Kompetensi Dasar

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono menjelaskan jika SKB ditunda, kemungkinan terbesar agenda tes CPNS 2019 juga ikut ditunda. 

Adapun rangkaian jadwal tes CPNS 2019 yang telah dibuat Panselnas yakni setelah tahap SKB selesai pada 27 hingga 30 April 2020, pemerintah mulai mengumumkan hasil seleksi SKB.  

Setelah itu, pada 1 Mei 2020, pemerintah mengumumkan hasil final seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.  

Baca Juga: Sambil Bergetar, 3 Pasien Sembuh dari Corona Sampaikan Pesan Ini Untuk Indonesia

Sementara pada 1 Mei hingga 15 Juni adalah jadwal untuk penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS Formasi Tahun 2019. 

"Kalau SKB mundur, kemungkinan yang lain-lain juga mundur," kata Paryono.  
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.