Kompas TV nasional sapa indonesia

Puncak Penyebaran Corona Diperkirakan Terjadi Pada Penghujung Maret 2020, Ini Kata Peneliti ITB...

Kompas.tv - 17 Maret 2020, 21:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jumlah kasus positif corona di Indonesia terus bertambah. Juru bicara untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengatakan total kasus positif korona menjadi 172 orang.

Sementara yang meninggal 5 orang.  

Sedangnya yang sembuh sebanyak 9 orang.

Achmad Yurianto memprediksi akan ada penambahan kasus positif corona ke depan.

Prediksi ini didasari pada pelacakan jejak yang terus dilakukan pemerintah bagi orang-orang terpapar positif corona.


Sementara itu, Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan jika Pihak BNPB sudah memperpanjang masa darurat bencana wabah virus corona sampai 29 Mei 2020.
 
Sementara itu, tim Peneliti Matematika Epidemologi dari Pusat Permodelan Matematika dan Simulasi ITB memperkirakan, penyebaran virus corona di Indonesia diprediksi akan berlanjut hingga  April mendatang.

Jumlah kasus corona di indonesia diperkirakan dapat mencapai lebih dari 8 ribu.
Dari simulasi itu, mereka memperkirakan puncak epidemi corona di Indonesia akan terjadi pada penghujung Maret 2020 sedang akhir penyebaran diprediksi bakal terjadi pertengahan April 2020.

Namun, ditegaskan sekali lagi jika penelitian ini hanya bersandar pada estimasi parameter yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan curva Richard, yakni hanya satu dari sekian alat dan pendekatan untuk meneliti fenomena yang ada.

Pemerintah terus berupaya mencegah agar penyebaran virus corona tak makin meluas, tanpa harus melakukan karantina wilayah.

Menteri  Dalam Negeri, Tito Karnavian  menegaskan karantina wilayah merupakan kewenangan Pemerintah Pusat.

Tito menambahkan untuk melakukan karantina wilayah tidak cukup mengacu pada UU Karantina saja, karena karantina wilayah akan berimbas pada aspek ekonomi hingga keamanan.

Indonesia harus bergerak lebih cepat, tuntas dan terbuka dalam menangani penyebaran virus corona agar jumlah kasus positif corona dan orang yang meninggal tak terus bertambah.

Sejumlah langkah darurat dilakukan sejumlah negara ada yang turun ke masyarakat atau jemput bola uji tes corona di jalanan demi menangkal penyebaran corona dan juga lockdown baik utuh maupun parsial.

Lalu apa langkah darurat Indonesia di tengah situasi darurat corona, mengingat jumlah pasien positif virus corona terus bertambah setiap hari?
Simak tayangan berikut ini.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x