Kompas TV regional berita daerah

Langka Dipasaran, Mahasiswa FTI Umi Buat Hand Sanitizer

Selasa, 17 Maret 2020 | 15:10 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona dan kelangkaan hand sanitizer dipasaran  mahasiswa teknik kimia fakultas teknologi industri universitas muslim makassar berinisiatif membuat hand sanitizer. cara pembuatannya bahkan di demonstrasikan di laboratorium pengantar teknik kimia UMI.

Mahasiswa teknik kimia fakultas teknologi industri universitas muslim indonesia  makassar sulawesi selatan  membuat hand sanitizer atau gel pembersih tangan, pembuat formula hand sanitizer ini di demonstrasikan  dilaboratorium pengantar teknik kimia 14/03/2020.

Inisiatif pembuatan hand sanitizer ini sebagai respon atas langkanya produk serupa dipasaran sejak merebaknya virus corona  diharapkan masyrakat  bisa membuat sendiri hand sanitizer lantaran bahannya yang mudah ditemukan.

Adapun bahan bahan untuk membuat handsanitizer ini seperti alkohol gel lidah buaya  minyak ekstraksi atau essential oil dari kulit jeruk.

Bahan seperti alkohol 70 persen dicampur dengan perbandingan satu banding tiga yakni misalnya aloe vera misalnya 50 gram maka alkohol 70 persen  sebanyak 150 mililiter.

Kedua bahan tersebut kemudian dicampur dan diaduk hingga lima belas sampai dua puluh menit sampai tercampur rata setelah itu ditambahkan esential oil yang didapatkan dari kulit jeruk sebanyak sepuluh atau hingga dua puluh tetes,adapun esential oil dari kulit jeruk ini sebagai pewangi, sementara alkohol berfungsi sebagai anti septic, sementara aloe vera atau lidah buaya berfungsi untuk melembutkan kulit sehingga tidak terjadi iritasi.

Bahan handsanitizer ini kemudian di masukan ke dalam botol, dalam sekali pembuatan /bisa mengemas hingga sepuluh botol .

Adapun pembuatan hand sanitizer secara mandiri ini merujuk pada sejumlah literatur penelitian ilmiah yang diterbitkan dari berbagai sumber, namun pihaknya menambahkan dengan beberapa variabel berbeda misalnya kulit jeruk sebagai esential oil.

Hand sanitizer ini untuk sementara tidak diperjual belikan adapun penggunaanya sebatas untuk mahasiswa di lingkup fakultas teknologi universitas muslim indonesia.

#coronavirus
#Senitizer
#UmiMakassar

Penulis : KompasTV Makassar

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19