Kompas TV regional berita daerah

Langka Dipasaran, Mahasiswa FTI Umi Buat Hand Sanitizer

Selasa, 17 Maret 2020 | 15:10 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona dan kelangkaan hand sanitizer dipasaran  mahasiswa teknik kimia fakultas teknologi industri universitas muslim makassar berinisiatif membuat hand sanitizer. cara pembuatannya bahkan di demonstrasikan di laboratorium pengantar teknik kimia UMI.

Mahasiswa teknik kimia fakultas teknologi industri universitas muslim indonesia  makassar sulawesi selatan  membuat hand sanitizer atau gel pembersih tangan, pembuat formula hand sanitizer ini di demonstrasikan  dilaboratorium pengantar teknik kimia 14/03/2020.

Inisiatif pembuatan hand sanitizer ini sebagai respon atas langkanya produk serupa dipasaran sejak merebaknya virus corona  diharapkan masyrakat  bisa membuat sendiri hand sanitizer lantaran bahannya yang mudah ditemukan.

Adapun bahan bahan untuk membuat handsanitizer ini seperti alkohol gel lidah buaya  minyak ekstraksi atau essential oil dari kulit jeruk.

Bahan seperti alkohol 70 persen dicampur dengan perbandingan satu banding tiga yakni misalnya aloe vera misalnya 50 gram maka alkohol 70 persen  sebanyak 150 mililiter.

Kedua bahan tersebut kemudian dicampur dan diaduk hingga lima belas sampai dua puluh menit sampai tercampur rata setelah itu ditambahkan esential oil yang didapatkan dari kulit jeruk sebanyak sepuluh atau hingga dua puluh tetes,adapun esential oil dari kulit jeruk ini sebagai pewangi, sementara alkohol berfungsi sebagai anti septic, sementara aloe vera atau lidah buaya berfungsi untuk melembutkan kulit sehingga tidak terjadi iritasi.

Bahan handsanitizer ini kemudian di masukan ke dalam botol, dalam sekali pembuatan /bisa mengemas hingga sepuluh botol .

Adapun pembuatan hand sanitizer secara mandiri ini merujuk pada sejumlah literatur penelitian ilmiah yang diterbitkan dari berbagai sumber, namun pihaknya menambahkan dengan beberapa variabel berbeda misalnya kulit jeruk sebagai esential oil.

Hand sanitizer ini untuk sementara tidak diperjual belikan adapun penggunaanya sebatas untuk mahasiswa di lingkup fakultas teknologi universitas muslim indonesia.

#coronavirus
#Senitizer
#UmiMakassar

Penulis : KompasTV Makassar


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:36
ARGENTINA SAHKAN UNDANG-UNDANG ABORSI   JANET YELLEN JADI WANITA PERTAMA YANG MEMIMPIN DEPARTEMEN KEUANGAN AS   SENAT AS MENYETUJUI PENUNJUKAN JANET YELLEN SEBAGAI MENTERI KEUANGAN   PRESIDEN JOE BIDEN YAKIN AS MENUJU “HERD IMMUNITY” PADA MUSIM PANAS ATAU SEKITAR JUNI-AGUSTUS 2021   PRESIDEN AS JOE BIDEN BERENCANA MENGUBAH ARMADA MOBIL MILIK PEMERINTAH DENGAN KENDARAAN LISTRIK   TAMAN NASIONAL KELIMUTU DITUTUP HINGGA 5 FEBRUARI 2021 AKIBAT LONJAKAN KASUS KORONA DI KABUPATEN ENDE, NTT   POLRES MADIUN PERIKSA DAN MENGINTEROGRASI SELEB TIKTOK YANG MELANGGAR ATURAN PROTOKOL KESEHATAN   BARESKRIM POLRI AKAN MENINDAKLANJUTI KEMUNGKINAN LAIN SOAL PENYEBAB BANJIR DI KALSEL DI LUAR FAKTOR CUACA   DITJEN DUKCAPIL KEMENDAGRI GANTI DOKUMEN KEPENDUDUKAN WARGA YANG TERDAMPAK BANJIR KALIMATAN SELATAN   MENKEU SRI MULYANI POTONG ANGGARAN KEMENHUB RP 12,44 T BUAT PENGADAAN VAKSIN KORONA   PEMKAB PANGANDARAN SIAPKAN BEKAS BANGUNAN SD SEBAGAI RUANG PERAWATAN PASIEN KORONA   MENHUB AKAN GELAR TES PSIKOLOGI KHUSUS KEPADA CALON PILOT GUNA TINGKATKAN ASPEK KESELAMATAN   ASOSIASI INDUSTRI SEPEDA MOTOR INDONESIA (AISI): TARGET PENJUALAN MOTOR TAHUN INI HANYA 4 JUTA UNIT   KPK PASTIKAN STATUS DPO TERHADAP SJAMSUL NURSALIM DAN ISTRINYA TETAP BERLAKU