Kompas TV klik360 cerita indonesia

Wajib Tahu! Ini Gejala Awal Infeksi Virus Corona dari Hari ke Hari

Selasa, 17 Maret 2020 | 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus positif terinfeksi virus Corona bertambah di Indonesia. Perlu bagi kita mengetahui apa saja gejala awal infeksi virus Corona dari hari ke hari agar kita bisa mendapat penanganan yang benar dan tak menulari orang lain jika benar-benar positif Virus Corona.

Lalu, apa saja gejala awal infeksi virus Corona dari hari ke hari? Berikut penjelasannya dilansir dari kompas.com (16/3/2020):

Ilustrasi Virus Corona (Sumber: Shutterstock)

Baca Juga: Virus Corona, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Hari ke-1
Pasien mengalami demam. Tubuhnya mungkin juga mengalami semacam kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Ada pula yang mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.

Hari ke-5

Ada pasien yang mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut atau memiliki riwayat penyakit lain sebelumnya.

Hari ke-7
Pada hari ke-7 merupakan waktu rata-rata pasien masuk ke rumah sakit. 

Baca Juga: 2 Rumah Sakit Ini Fokus Tangani Corona, Tak Lagi Terima Pasien Umum

Hari ke-8
Pada pasien yang mengalami kondisi parah, sekitar 15 persen mengalami sindrom gangguan pernapasan akut. Saat ini terjadi, cairan telah memenuhi paru-paru, dan sering kali berakibat fatal.

Hari ke-10

Ketika gejala memburuk, pasien akan dibawa ke ICU. Biasanya, mereka mengalami gangguan pada bagian perut, dan kehilangan nafsu makan. Pada rentang waktu ini, sebagian kecil meninggal, yakni 2 persen.

Hari ke-17

Setelah menjalani perawatan selama lebih kurang 2,5 minggu, pasien yang kondisinya membaik biasanya sembuh dan keluar dari rumah sakit.

Baca Juga: Kemenkes: Pasien Positif Corona Bisa Isolasi Mandiri di Rumah

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:04
AC MILAN TUMBANGKAN TORINO 7-0 PADA LAGA PEKAN KE-36 LIGA ITALIA   PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN MINTA SELURUH DUNIA PERLU MEMBERIKAN PELAJARAN KEPADA ISRAEL   PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN DAN PRESIDEN RUSIA VLADIMIR PUTIN BAHAS KONFLIK ISRAEL-PALESTINA LEWAT TELEPON   INDIA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA INDONESIA ATAS KIRIMAN BANTUAN BERUPA 200 OKSIGEN KONSENTRATOR   SATGAS SEBUT KASUS POSITIF COVID-19 DI SUMATERA NAIK, SEMENTARA DI JAWA MENURUN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN SEBUT MALAM TAKBIRAN DI JAKARTA BERJALAN AMAN TANPA KERUMUNAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN UCAPKAN TERIMA KASIH UNTUK WARGA JABODETABEK YANG MEMILIH TIDAK MUDIK   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: “CROWD FREE NIGHT” BUKAN HANYA DI SUDIRMAN-THAMRIN, MELAINKAN DI SELURUH WILAYAH JAKARTA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN BERLAKUKAN “CROWD FREE NIGHT” ATAU MALAM BEBAS KERUMUNAN SAAT MALAM TAKBIRAN   KRL YOGYAKARTA-SOLO TETAP BEROPERASI SELAMA LIBUR LEBARAN MULAI PUKUL 05.00-19.10 WIB   MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS INGATKAN UMAT ISLAM UNTUK PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT IDUL FITRI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI PREDIKSI ARUS BALIK LEBARAN AKAN TERJADI PADA TANGGAL 16 DAN 17 MEI   KEMENKES: JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA SUDAH MENCAPAI 8.918.784 ORANG   HINGGA 12MEI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.728.204 ORANG, 1.584.878 SEMBUH, DAN 47.617 MENINGGAL DUNIA