Kompas TV regional berita daerah

Motif pewarna alami dari daun

Kompas.tv - 17 Maret 2020, 12:02 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG, KOMPAS.TV - Seorang ibu rumah tangga asal Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, sukses mengkreasikan dedaunan, menjadi motif pewarna alami pada kain dan bahan kulit. Dengan teknik bernama ecoprint, hasil kreasinya mampu dikembangkan menjadi produk fasion yang bernilai tinggi. 

Inilah berbagai produk fasion cantik hasil karya, Rista, seorang ibu rumah tangga. Siapa sangka, beragam motif dedaunan yang ada pada tas, selendang, serta sepatu ini, ia buat dengan memanfaatkan motif pewarna alami dari dedaunan.

Teknik yang digunakan Rista yakni ecoprint. Rista mempelajari teknik ecoprint sejak tahun 2018. Untuk membuat selembar kain bermotif dedaunan, kain sutra ditempeli dedaunan sebagai motifnya. Kain yang telah terbungkus plastik lalu dikukus kurang lebih selama dua jam.

Selembar kain sutra ia patok dengan harga satu juta untuk per dua meter, sementara untuk kain katun ia patok seharga tiga ratus ribu rupiah per dua meternya. Produk unggulan yang banyak digandrungi adalah sepatu dan tas bermotif. 
 

#MOTIF #ECOPRINT #DAUN #KREATIF



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x