Kompas TV regional berita daerah

Budi Daya Lebah Madu Warga Di Kota Pematangsiantar

Kompas.tv - 16 Maret 2020, 12:39 WIB
Penulis : KompasTV Medan

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS TV - Warga di kota Pematangsiantar ciptakan hutan mini untuk budi daya lebah madu, dalam satu bulan dirinya mampu menghasilkan tiga ratus kilogam madu asli.

Dengan memanfaatkan lahan di belakang rumahnya, Hasanuddin warga kota Pematangsiantar, mampu menciptakan hutan mini. Hutan ini ia berdayakan untuk budi daya lebah madu.

Selain budi daya lebah madu pria yang merupakan peneliti lebah yang bekerja di bagian penelitian pengembangan lingkungan hidup di Aek Nauli Kabupaten Simalungun ini juga membuka kesempatan untuk warga dalam pelatihan edukasi ternak lebah madu.

Berbagai jenis lebah yang didapat dari alam atau hutan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ia budidayakan, sedangkan untuk bagian pemesanan lebah madu, ia mempercayakan kepada istrinya Basriah Harahap. Selain bisa datang ke rumahnya konsumen yang ingin membeli madu asli tanpa pemanis ini juga bisa memesan melalui online.

Basariah Harahap pembudidaya lebah madu mengatakan selain dapat menjual hasil budi daya madu lebah hingga ke pulau jawa dan india aktifitas hutan mini lebah madu ini juga sekaligus memberikan edukasi bagi masyarakat.

Budi daya lebah madu dan produksi madu asli ini tidak hanya dijadikan bisnis namun lebih kepada kegiatan edukasi yang konsern dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat terutama kaula muda. Lebah madu dinilai sebagai serangga sosial, yang manfaatnya banyak terutama di bidang kesehatan.

#Budidaya #LebahMadu #Pematangsiantar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.