Kompas TV nasional berita kompas tv

Budi Karya Sumadi Pasien Pertama Positif Corona yang Identitasnya Diungkap Pemerintah

Kompas.tv - 15 Maret 2020, 01:07 WIB
budi-karya-sumadi-pasien-pertama-positif-corona-yang-identitasnya-diungkap-pemerintah
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda Mrs. Cora Van Nieuwenhuize untuk membahas peluang kerja sama di sektor transportasi. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Pelindo II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (11/3/2020). (Sumber: Dokumen Kementerian Perhubungan)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Pasien kasus 76 positif virus corona menjadi orang pertama yang diungkap identitasnya secara jelas.

Pasien tersebut merupakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, berumur 63 tahun dengan kondisi umum memiliki kemajuan.

Budi tertular virus corona karena aktivitasnya sebagai pejabat negara, mulai dari terlibat dalam proses evakuasi hingga meninjau sejumlah bandara sebagai pintu masuk WNA. 

Tak hanya itu, sebagai menteri, Budi Karya merupakan salah satu pejabat yang banyak melakukan kunjungan, termasuk mengunjungi beberapa tempat vital.

Baca Juga: Fakta-fakta Menhub Budi Karya Positif Corona

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan diungkapnya Budi Karya menjadi pasien positif corona telah mendapat izin keluarga. 

"Yang disampaikan tadi benar Pak Menhub, sekali lagi ini kami sampaikan atas izin keluarga. Jadi tugas beliau sebagai menteri perhubungan memang menjadi terdepand dan beliau sangat aktif dalam penanganan dampak covid 19 ini," ujar Pratikno saat jumpa Pers di kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Di kesempatan yang sama Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistya menjelaskan pasien kasus 76 kini mendapat penanganan di RSPAD Gatot Subroto.

Awalnya Budi Karya mendapat penanganan di salah satu rumah sakit swasta. Saat masuk ke RSPAD, riwayat kesehatan dan perkembangan kesehatan pasien telah diberikan secara rinci. Dalam perkembangan perawatan, pasien mengalami sesak nafas.

Baca Juga: Ini Penjelasan Pratikno Soal Proses Menhub Budi Karya Tertular Virus Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x