Kompas TV nasional berita kompas tv

Luhut Binsar Jadi Menhub Sementara Setelah Budi Karya Positif Corona

Kompas.tv - 14 Maret 2020, 23:07 WIB
luhut-binsar-jadi-menhub-sementara-setelah-budi-karya-positif-corona
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan usai dilantik Presiden Joko Widodo (Sumber: KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Presien Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Perhubungan (Menhub) sementara. 

Penunjukan ini dilakukan setelah Menhub Budi Karya Sumadi menjadi pasien kasus 76 yang dinyatakan positif virus corona.

"Perlu kami sampaikan juga, tugas-tugas Kemenhub sangat berat sekarang ini. Presiden sudah menugaskan-mengangkat Menteri Perhubungan ad interim, Menko yang mengkoordinatori, yaitu Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri Perhubungan ad interim," ujar Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

Baca Juga: Menhub Budi Karya Sumadi Menghadiri Rapat 3 Hari Sebelum Penentuan Positif Corona

Pratikno menambahkan penunjukan untuk menjalankan tugas dan fungsi Kementerian Perhubungan selama Budi Karya menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto tetap berjalan. 

Ia juga berharap Budi Karya dan pasien lainnya dapat sembuh dan masalah virus corona dapat segara teratasi.

"Penunjukan ini agar fungsi-fungsi kementerian tidak akan terganggu," ujar Pratikno.

Budi Karya menjadi kasus 76 yang dinyatakan sebagai pasien positif virus corona. Ia terjangkit lantaran aktivitasnya sebagai pejabat negara.

Baca Juga: Ini Penjelasan Pratikno Soal Proses Menhub Budi Karya Tertular Virus Corona

Menurut Pratikno keterlibatan Budi Karya dalam penangulangan virus corona di Indonesia sangat besar, dan tugas dari Kementerian Perhubungan sangat banyak. Semisal dalam proses evakuasi WNI tugas kementerian menyedakan fasilitas transportasi yang dibutuhkan. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x