Kompas TV video news vlog

Waduh! Jadi Minggu Kemarin Car Free Day Terakhir?

Kompas.tv - 15 Maret 2020, 08:00 WIB

Hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) yang biasa diselenggarakan di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman akan ditiadakan selama dua pekan atau merujuk pada tanggal 15 Maret dan 22 Maret 2020. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Car Free Day ini ditiadakan untuk mencegah penularan virus corona yang sudah masuk ke Indonesia dan merebak di banyak negara di dunia.

"Demi menjaga dan melindungi warga Jakarta dari potensi penularan (virus corona), maka dua minggu ke depan, Pemprov DKI Jakarta meniadakan hari bebas kendaraan bermotor," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Sebelumnya, Jurnalis Digital Kompas TV, Anjani berkesempatan meliput Car Free Day di Jalan MH Thamrin untuk melihat suasana dan kondisi para partisipan CFD ditengah maraknya virus corona pada tanggal 8 Maret 2020, tiga hari sebelum Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meniadakan CFD selama 2 pekan ke depan. 

Dalam CFD “terakhir” tersebut, ditemukan sejumlah partisipan CFD ada yang memakai masker dan tidak memakai masker.

Karena jika menilik dari instruksi WHO, masker sebaiknya digunakan untuk warga yang sedang dalam kondisi tidak fit/kurang sehat. 

Selain itu, para partisipan juga menyebutkan jika mereka khawatir dan takut akan penyebaran virus corona saat ini, namun yang bisa dilakukan saat ini ialah tetap waspada dan terus menjaga kebersihan serta kesehatan. 

Stay healthy, Indonesia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x