Kompas TV nasional berita kompas tv

Hasil Survei: Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi, Anies Baswedan Turun Drastis

Kompas.tv - 14 Maret 2020, 10:37 WIB
hasil-survei-elektabilitas-prabowo-subianto-tertinggi-anies-baswedan-turun-drastis
Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto melambaikan tangannya kepada Wartawan di HUT Ke-12 Partai Gerindra, Kamis (6/2/2020) (Sumber: KOMPASTV/NILUH/RAJIS)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Cyrus Network merilis hasil survei terkait kandidat kuat calon presiden pada pemilihan umum atau pemilu mendatang. 

Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menempati urutan teratas. Tercatat, elektabilitas mantan Danjen Kopassus itu mengalami kenaikan cukup signifikan. 

Survei yang dilakukan pada 24 sampai 30 Januari 2020 dengan melibatkan 1.230 responden itu berhasil menempatkan Prabowo Subianto meraih angka 24 persen. 

"Dari sisi kontestasi politik, dalam simulasi tujuh nama tokoh, Prabowo Subianto kembali muncul sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi, yakni 24 persen," kata CEO Cyrus Network, Eko Dafid Afianto di Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Baca Juga: Soal Proyeksi Calon Presiden 2024, Prabowo dan Anies Baswedan Jadi Kandidat Terkuat?

Selain Prabowo, nama lain yang masuk sebagai kandidat antara lain Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; dan politikus Partai Gerindra, Sandiaga Uno.

Menurut Eko, kondisi ini juga didukung pandangan responden atas portofolio Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Dia lantas membadingkan elektabilitas Prabowo saat ini dengan elektabilitasnya pada Juli 2019 lalu.

"Saat itu, elektabilitas Prabowo hanya menduduki posisi ketiga dengan 16 persen. Elektabilitas Prabowo saat itu, berada di bawah Sandiaga Uno (23 persen) dan Anies Baswedan (19 persen)," ucapnya.

Eko menambahkan, nama Sandiaga Uno masih populer dan mendapat dukungan cukup signifikan. Namun demikian, elektabilitasnya saat ini turun menjadi 19 persen.

Baca Juga: Elektabilitas Prabowo Tertinggi di Pilpres 2024, Ini Tanggapan Gerindra



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x