Kompas TV nasional berita kompas tv

Pasien Positif Corona Dinyatakan Meninggal Bertambah 3 orang, Ini Penjelasan Pemerintah

Kompas.tv - 13 Maret 2020, 18:50 WIB
pasien-positif-corona-dinyatakan-meninggal-bertambah-3-orang-ini-penjelasan-pemerintah
Petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung ikut serta dalam latihan dalam menangani pasien Covid-19, di Rumah Sakit Sanglah di Denpasar, Bali, pada 12 Februari 2020. (Sumber: AFP)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Jumlah pasien kasus positif virus corona (Covid 19) bertambah 35 orang, Jumat (13/3/2020). Total kasus positif virus corona di Indonesia menjadi 69 pasien.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan wabah virus corona, Achmad Yurianto menjelaskan dari 35 pasien baru tersebut tiga diantaranya telah meninggal dunia yakni pasien kasus 35, kasus 36 dan kasus 50.

Menurut Yurianto, pasien kasus 35 masuk rumah sakit RSPI Sulianti Saroso sudah menggunakan ventilator atau alat bantu pernapasan, namun belum dilakukan pemeriksaan apakah pasien positif terjangkit virus corona atau tidak.

Baca Juga: Ini Data 35 Pasien Kasus Positif Virus Corona, Tiga Diantaranya Meninggal Dunia

Tak lama dari proses masuk, pasien dengan jenis kelamin Perempuan berumur 57 tahun ini mengalami perburukan kondisi dan meninggal dalam saat penanganan.

"Hasil spesimennya ternyata positif dan sudah diserahkan ke dinas kesehatan wilayah untuk dilakukan tracing," ujar Yurianto saat jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jumat (13/3/2020).

Yurianto menambahkan hal yang sama juga terjadi pada pasien kasus 36, masuk ke RSPI Sulianti Saroso dengan menggunakan ventilator, mengalami perburukan dengan cepat kemudian meninggal. 

Setelah dilakukan pemeriksaan specimen, pasien yang diketahui berjenis kelamin Perempuan dengan umur 37 tahun tersebut positif terjangkit virus corona. Pihaknya telah menginformasikan Dinas Kesehatan setempat agar dilakukan tracing.

Baca Juga: Diduga Akibat Pneumonia, 1 Pasien dalam Pengawasan Covid-19 Meninggal Dunia

"Kita masih menunggu hasil kontak tracing dari pasien 35 dan 36," ujar Yurianto.

Hal yang sama juga terjadi pada, pasien kasus 50, dengan jenis kelamin Laki-laki umur 59 tahun, saat masuk ke rumah sakit, pasien mengalami perburukan cepat dan kemudian meninggal. Setelah dilakukan tes pasien ternyata positif terjangkit virus corona. 

"Contact tracing sudah dan dilakukan oleh dinas kesehatan setempat," ujar Yurianto.

Adapun pasien positif virus corona pertama yang dinyatakan meninggal yakni pasien kasus 25, WNA dengan jenis kelamin Perempuan berumur 53 yang meninggal pada 11 Maret 2020. Pasien terjangkit virus corona dari luar negeri atau masuk dalam klaster imported case.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x