HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 sisi tv

Polemik Ahok di Ibu Kota Baru: Dibela Istana Hingga Posisi Komut Dipertanyakan

Jumat, 13 Maret 2020 | 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - 17 Desember 2019, Presiden Jokowi tetapkan lokasi titik pusat ibu kota baru. Letaknya di puncak Bukit Sepaku di sebagian Penajem Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pada 23 Desember 2019 lalu pun sudah ditetapkan desain dengan judul Negara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara gagasan desain kawasan ibu kota Negara. 

Lokasi ibu kota baru berbukit-bukit karena merupakan bekas hutan tanaman industri.

Luasnya 256 ribu hektare ditambah kawasan cadangan. Totalnya mencapai 410 ribu hektar dengan kawasan inti seluas 56 ribu hektar. 

Baca Juga: Ahok Calon Pimpinan Ibu Kota Baru, Sandiaga: Biarkan Dia Tunjukan Hasil Kinerja Dulu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaksir Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan ibu kota baru tak akan lebih dari Rp100 triliun. Pasalnya, pemerintah akan bekerja sama dengan swasta dalam membangun ibu kota baru.

Nah yang jadi bahasan inti adalah empat nama kandidat kepala otorita ibu kota baru. Salah satunya ada nama Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca Juga: Ahok Calon Kuat Bos Ibu Kota Baru, Luhut: Enggaklah, Siapa Bilang?

Selain Ahok, ada nama Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro. Ada pula nama Direktur Utama Wijaya Karya Tumiyana dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Simak bahasannya dalam program SISI TV bersama Yan Rahman berikut ini.

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
00:29
KPU PREDIKSI BIAYA PILKADA 2020 MENINGKAT JIKA DIGELAR DI MASA PANDEMI COVID-19   HINDARI KERUMUNAN MASSA, KPAI SARANKAN PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DILAKUKAN SECARA DARING   KETUA KOMISI X DPR SYAIFUL HUDA TOLAK WACANA PEMBUKAAN SEKOLAH DI ZONA MERAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   WALI KOTA BEKASI IZINKAN WARGA YANG TINGGAL DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT JUMAT DI MASJID MULAI PEKAN DEPAN   PEMKOT JAKARTA BARAT FUNGSIKAN MASJID KH HASYIM ASYARI UNTUK ISOLASI PEMUDIK YANG BALIK KE JAKARTA   YLKI TOLAK RENCANA PEMBUKAAN MAL DI DKI JAKARTA PADA 5 JUNI 2020   PSBB DIPERPANJANG, PEMKOT BOGOR PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN DAN ARUS KELUAR MASUK   POLDA SUMATERA BARAT SIAPKAN 6.000 PERSONEL UNTUK DUKUNG KEBIJAKAN KENORMALAN BARU   MENTERI PUPR MINTA BADAN PENGEMBANGAN SDM SIAPKAN MODUL “E-LEARNING” DI ERA KENORMALAN BARU   TIDAK PERPANJANG PSBB, PEMKOT MALANG SIAPKAN SKEMA KENORMALAN BARU   PEMKOT SOLO PERPANJANG STATUS KEJADIAN LUAR BIASA VIRUS KORONA HINGGA 7 JUNI 2020   GUBERNUR JATENG AKAN BERI MODAL DAN PELATIHAN KERJA UNTUK WARGA YANG TAK KEMBALI KE JAKARTA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO LARANG WARGA YANG TERLANJUR MUDIK UNTUK KEMBALI KE JAKARTA   GUGUS TUGAS COVID-19: WARGA YANG AKAN KEMBALI KE JAKARTA HARUS UNDUH APLIKASI BERSATU LAWAN COVID (BLC)