Kompas TV klik360 sisi tv

Polemik Ahok di Ibu Kota Baru: Dibela Istana Hingga Posisi Komut Dipertanyakan

Jumat, 13 Maret 2020 | 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - 17 Desember 2019, Presiden Jokowi tetapkan lokasi titik pusat ibu kota baru. Letaknya di puncak Bukit Sepaku di sebagian Penajem Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pada 23 Desember 2019 lalu pun sudah ditetapkan desain dengan judul Negara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara gagasan desain kawasan ibu kota Negara. 

Lokasi ibu kota baru berbukit-bukit karena merupakan bekas hutan tanaman industri.

Luasnya 256 ribu hektare ditambah kawasan cadangan. Totalnya mencapai 410 ribu hektar dengan kawasan inti seluas 56 ribu hektar. 

Baca Juga: Ahok Calon Pimpinan Ibu Kota Baru, Sandiaga: Biarkan Dia Tunjukan Hasil Kinerja Dulu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaksir Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan ibu kota baru tak akan lebih dari Rp100 triliun. Pasalnya, pemerintah akan bekerja sama dengan swasta dalam membangun ibu kota baru.

Nah yang jadi bahasan inti adalah empat nama kandidat kepala otorita ibu kota baru. Salah satunya ada nama Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca Juga: Ahok Calon Kuat Bos Ibu Kota Baru, Luhut: Enggaklah, Siapa Bilang?

Selain Ahok, ada nama Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro. Ada pula nama Direktur Utama Wijaya Karya Tumiyana dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Simak bahasannya dalam program SISI TV bersama Yan Rahman berikut ini.

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:42
WEBINAR MENULIS, MENERBITKAN, DAN MEMASARKAN BUKU BERSAMA EKO PRABOWO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID    PM INGGRIS BORIS JOHNSON SEBUT PEMBUKAAN SEKOLAH PADA AWAL SEPTEMBER 2020 SEBAGAI PRIORITAS NASIONAL   PM INGGRIS BORIS JOHNSON MINTA SEKOLAH DIBUKA KEMBALI PADA SEPTEMBER 2020   IMBAS DARI SANKSI AS, PRODUKSI "CHIPSET" UNTUK PONSEL HUAWEI AKAN BERHENTI 15 SEPTEMBER 2020   BPBD: JUMLAH BENCANA ALAM PADA PERIODE 1 JANUARI HINGGA 9 AGUSTUS 2020 MENCAPAI 1.771 KEJADIAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI OPTIMISTIS PROYEK PELABUHAN PATIMBAN DI SUBANG, JABAR, TAHAP I BISA SELESAI PADA OKTOBER 202   UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS DI GEDUNG DPR BERTUJUAN AGAR PEMBAHASAN “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA DIHENTIKAN   KELOMPOK MASYARAKAT SIPIL AKAN MELAKUKAN UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS 2020 DI DEPAN GEDUNG DPR   POLISI SEBUT TERSANGKA KASUS FETISH KAIN JARIK MENGAKU ADA 25 ORANG YANG JADI KORBAN SEJAK 2015 HINGGA SAAT INI   BPBD JEMBER: SEORANG PELAJAR SMAN TENGGARANG YANG JATUH DI GUNUNG PIRAMID DITEMUKAN MENINGGAL DUNIA HARI INI   BASARNAS: OPERASI PENCARIAN WARGA AS YANG HILANG DI TELUK AMBON DIPERLUAS HINGGA 400 METER   PEMKAB PONOROGO TUTUP SEMENTARA PUSKESMAS WRINGINANOM SELAMA 10 HARI KE DEPAN KARENA EMPAT PEGAWAI POSITIF KORONA   PSBB DI TANGERANG RAYA KEMBALI DIPERPANJANG DUA PEKAN KE DEPAN HINGGA 22 AGUSTUS 2020   KEMDIKBUD ALOKASIKAN DANA SEBESAR RP 405 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA