Kompas TV klik360 sisi tv

Polemik Ahok di Ibu Kota Baru: Dibela Istana Hingga Posisi Komut Dipertanyakan

Jumat, 13 Maret 2020 | 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - 17 Desember 2019, Presiden Jokowi tetapkan lokasi titik pusat ibu kota baru. Letaknya di puncak Bukit Sepaku di sebagian Penajem Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pada 23 Desember 2019 lalu pun sudah ditetapkan desain dengan judul Negara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara gagasan desain kawasan ibu kota Negara. 

Lokasi ibu kota baru berbukit-bukit karena merupakan bekas hutan tanaman industri.

Luasnya 256 ribu hektare ditambah kawasan cadangan. Totalnya mencapai 410 ribu hektar dengan kawasan inti seluas 56 ribu hektar. 

Baca Juga: Ahok Calon Pimpinan Ibu Kota Baru, Sandiaga: Biarkan Dia Tunjukan Hasil Kinerja Dulu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaksir Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan ibu kota baru tak akan lebih dari Rp100 triliun. Pasalnya, pemerintah akan bekerja sama dengan swasta dalam membangun ibu kota baru.

Nah yang jadi bahasan inti adalah empat nama kandidat kepala otorita ibu kota baru. Salah satunya ada nama Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca Juga: Ahok Calon Kuat Bos Ibu Kota Baru, Luhut: Enggaklah, Siapa Bilang?

Selain Ahok, ada nama Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro. Ada pula nama Direktur Utama Wijaya Karya Tumiyana dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Simak bahasannya dalam program SISI TV bersama Yan Rahman berikut ini.

Penulis : Desy Hartini


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:38
BMKG: BANJIR MANADO BUKAN TSUNAMI, TAPI WASPADAI POTENSI GELOMBANG TINGGI   TAMAN NASIONAL KOMODO TANGGUNG BIAYA PENGOBATAN ANAK BALITA YANG DIGIGIT KOMODO   BUPATI ACEH BARAT RAMLI MS SEBUT ADA SEJUMLAH KADES YANG DIDUGA KORUPSI DANA DESA HINGGA RP 15 MILIAR   MENTERI DESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR SIAPKAN ANGGARAN RP 89,4 MILIAR UNTUK MEMBANGUN DESA WISATA PADA TAHUN INI   DINKES KALBAR TEGASKAN TIDAK AKAN KELUARKAN SURAT IZIN PRAKTIK TENAGA KESEHATAN YANG MENOLAK VAKSIN COVID-19   SEMUA KABUPATEN DAN KOTA DI KALIMANTAN TIMUR BERSTATUS ZONA MERAH COVID-19, BALIKPAPAN JADI EPISENTRUM PENULARAN   SULTAN HB X BAKAL PERPANJANG PEMBATASAN SECARA TERBATAS KEGIATAN MASYARAKAT JIKA WARGA DIY ABAI PROTOKOL KESEHATAN   POSITIF COVID-19, 8 SANTRI PONPES PUTRI COLOMADU, KARANGANYAR, DIISOLASI DI ASRAMA HAJI DONOHUDAN   KEMENTERIAN BUMN BANTAH ADA "CHIP" DI DALAM VAKSIN COVID-19   PEMKOT BOGOR, JABAR, MULAI OPERASIKAN RS DARURAT DI GOR PAJAJARAN   PEMKOT BEKASI BERUPAYA TAMBAH RUANG ICU UNTUK PASIEN COVID-19 DI BEBERAPA RSUD TIPE D   TIM DVI POLRI TELAH MENYERAHKAN 23 JENAZAH KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 KE PIHAK KELUARGA   TIM DVI POLRI: SUDAH 34 JENAZAH KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 YANG TELAH TERIDENTIFIKASI   DUA POLISI TERLUKA SAAT MELERAI TAWURAN ANTARA ANGGOTA GENG DI MANGGARAI, JAKARTA