Kompas TV regional berita daerah

Pesan Gubernur Anies Baswedan untuk Warga DKI Soal Penanganan Virus Corona

Kompas.tv - 13 Maret 2020, 14:12 WIB
pesan-gubernur-anies-baswedan-untuk-warga-dki-soal-penanganan-virus-corona
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Seminar Nasional BPD SI Sinergi BUMD DKI Jakarta, di Mercure, Ancol, Jakarta Utara (22/2/2020) (Sumber: Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan pesan kepada warga DKI Jakarta terkait upaya penanganan dan pengendalian Covid-19 atau virus corona.

Melihat perluasan virus corona yang dapat menyebar secara cepat, Anies melalui video berdurasi lebih dari 4 menit itu, mengatakan perlunya melakukan langkah-langkah serius dan penuh kedisiplinan. 

Karena itu, dia mengajak kepada masyarakat yang tinggal di Ibu Kota untuk melakukan langkah pencegahan secara masif.

Caranya, pertama, mencuci tangan sesering mungkin dan hindari tangan menyentuh wajah. Kemudian praktikkan etika batuk dan bersin yang benar. 

Baca Juga: Cegah Corona, Jokowi Pimpin Langsung Proses Sterilisasi Masjid Istiqlal

Kedua, hindari kontak langsung seperti berjabat tangan atau berpelukan. Sebagai gantinya, kata Anies, gunakan metode sapa yang tak harus bersentuh tangan.

Ketiga, warga diminta menghindari kegiatan yang memiliki potensi penularan seperti penyelenggaraan sebuah acara musik dan lain-lain.

“Kita sudah sampaikan kepada penyelenggara event-event untuk menunda kegiatan jika dipandang memiliki risiko penularan,” kata Anies melalui video di media sosial yang diakses pada Jumat (13/3/2020).

Tak hanya itu, lanjut Anies, bahkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meniadakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day untuk dua minggu ke depan.

Keempat, bagi warga DKI yang tengah sakit untuk menggunakan masker dan sesuaikan penggunaannya sesuai panduan.

Lebih lanjut, Anies meminta kepada warga untuk mengenali gejala Covid-19. Bila salah satu warga merasakan gejalanya, maka diimbau untuk menghubungi nomor 112 atau 081388376955.

“Lalu tetaplah di rumah. Ini untuk menghindari potensi penularan. Petugas kita akan menghubungi, memberikan panduan dan bila perlu ke fasilitas pelayanan kesehatan. Lalu anda akan dijemput untuk ke sana,” ujar Anies.

Baca Juga: Gubernur Banten Umumkan Dua Warganya Positif Virus Corona

Selain itu, Anies menganjurkan kepada warga untuk mencari informasi lebih jauh soal virus corona. Salah satunya mengunjungi website corona.jakarta.go.id.

“Silakan diunduh materi-materi sosialisai di website itu. Bagikan kepada keluarga, kolega, tetangga dan masyarakat sekitarnya,” ujar Anies.

Anies mengingatkan, dalam menghadapi wabah virus corona, pada prinsipnya jangan panik. Tapi juga jangan menganggap enteng. Ia menuturkan agar tetap waspada dan terus menjaga kesehatan. 

“Kami berharap imbauan ini dilaksanakan, semoga Jakarta terhindar dari wabah (virus corona),” kata Anies.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x