Kompas TV video news vlog

Wah! Ini Cerita Salon Transpuan Lawan Stigma Masyarakat

Kompas.tv - 13 Maret 2020, 17:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Salon Sang Ratu, berlokasi di Sport Hall Unika Atma Jaya, telah melangsungkan peresmian pada Rabu, 12 Februari 2020.

Tampil berbeda, salon yang berada di dalam kontainer berwarna jingga ini dikelola oleh para transpuan (transgender perempuan).

Salon Sang Ratu merupakan klinik usaha pertama program YES, I CAN!

Program ini merupakan program kerja Pusat Penelitian HIV AIDS Unika Atma Jaya (PPH Atma Jaya), Pusat Kajian Pengembangunan Masyarakat (PKPM) Unika Atma Jaya, dan konsorsium bersama 3 lembaga swadaya.

Ketiga swadaya msyarakat ini mendampingi komunitas transpuan muda, anak jalanan, dan para perekerja seks. Ketiganya merupakan kelompak sasaran pada program ini.

Program YES, I CAN! ini memiliki tujuan untuk menigkatkan kulitas hidup mereka.

Cara yang digunakan  adalah dengan meningkatkan akses terhadap layanan dasar, hak, dan hak dasar. Lalu memperbaiki status ekonomi dan sosial kelompok sasaran tersebut.

Para pekerja dan pengola Salon Sang Ratu juga diberikan pendidikan profesional di Puspita Martha International Beauty School untuk program pelatihan Bridal Make Up Single International dan Hair Do siap kerja.

Salon ini buka di hari Senin-Jumat dan buka dari pukul 07.00 WIB.

Untuk harga perawatan di salon ini cukup beragam, mulai dari Rp 30.000,- untuk pelayanan cuci dan potong, hingga Rp 350.000,- untuk make up dan hair do.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x