Kompas TV internasional kompas dunia

Mengenal Istilah "Pandemi" Untuk Wabah Virus Corona

Kamis, 12 Maret 2020 | 10:20 WIB

KOMPAS.TV - Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) baru saja mengumumkan status baru bagi wabah penyakit Covid-19 yang disebabkan virus corona. Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global.

Baca Juga: WHO Tetapkan Wabah Virus Corona Sebagai Pandemi Global

Apa itu pandemi?

Pandemi adalah wabah penyakit yang menyebar luas secara global.

Berdasakan ketetapan WHO, pandemi tidak berhubungan dengan tingkat keparahan penyakit, jumlah korban atau infeksi, namun pada penyebaran geografisnya.

Pandemi biasanya menyebar luas hingga ke daerah yang jauh dari wilayah pertama wabah tersebut ditemukan.

Saat ini, Covid-19 yang disebabkan virus corona atau SARS-CoV2 telah menyebar hingga 118 negara dan menginfeksi 119.179 orang pada Rabu (11/3/2020).

Baca Juga: Aktor Hollywood Tom Hanks Positif Virus Corona

Sementara Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut pandemi mengacu pada wabah epidemi yang menyebar di beberapa negara atau benua, biasanya mempengaruhi sejumlah besar orang.

Pandemi bisa ditetapkan saat munculnya penyakit baru di mana orang-orang tidak memiliki kekebalan akan penyakit itu, kemudian menyebar luas di luar dugaan.

Setelah pandemi diumumkan, pemerintah dan sistem kesehatan perlu memastikan mereka siap untuk kondisi itu.

Menurut WHO, Covid-19 adalah pandemi pertama yang disebabkan oleh virus corona.

Karena saat terjadi wabah SARS, yang juga disebabkan virus corona, pada tahun 2003 lalu, tidak ditetapkan sebagai pandemi.

Pandemi global terakhir yang pernah ditetapkan WHO adalah tahun 2009 lalu saat wabah Flu Babi.

Editor : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Internasional

Kata Erdogan ke Yunani Usai Gempa

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 17:39 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:44
PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI, JUSUF KALLA MENGATAKAN PMI SIAP KIRIMKAN SUKARELAWAN   KETUA PMI JUSUF KALLA SAMPAIKAN BELASUNGKAWA UNTUK GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI    JAKPRO : 40,85 PERSEN AREAL TAMAN ISMAIL MARZUKI DIREVITALISASI   KPU KABUPATEN KEDIRI, JAWA TIMUR, SELENGGARAKAN SIMULASI PEMILIHAN SAAT PANDEMI COVID-19   MANTAN MENKES SITI FADILAH SUPARI BEBAS DARI PENJARA, KPK BERHARAP MENJADI EFEK JERA   BAWASLU REJANG LEBONG, BENGKULU, MENGAKU KESULITAN TERTIBKAN KAMPANYE PILKADA MELALUI MEDSOS   HINGGA 31 OKTOBER 2020, KASUS TERKONFIRMASI COVID-19 DI TANGERANG SELATAN MENCAPAI 1.823 ORANG   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT PELABUHAN PATIMBAN SIAP BEROPERASI DI MINGGU KE-3 NOVEMBER   DEPOK PERPANJANG PEMBATASAN JAM OPERASIONAL PUSAT PERBELANJAAN HINGGA 14 NOVEMBER 2020   KOGABWILHAN I SEBUT RS KHUSUS INFEKSI PULAU GALANG, RIAU, MERAWAT 341 PASIEN POSITIF COVID-19   PERANCIS TAWARKAN BANTUAN KEPADA TURKI DAN YUNANI YANG TERDAMPAK GEMPA BERMAGNITUDO 7   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TERORIS TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN AGAMA APA PUN   PRESIDEN JOKOWI: PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS MELUKAI PERASAAN UMAT ISLAM DI SELURUH DUNIA   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MENGECAM KERAS PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS YANG MENGHINA AGAMA ISLAM