Kompas TV video cerita indonesia

TNI-Polri Diusulkan Hengkang dari Papua, Mahfud MD: Enggak Mungkin, Bisa Hancur!

Kompas.tv - 11 Maret 2020, 18:11 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bicara mengenai adanya dorongan agar personel TNI-Polri ditarik di tengah proses pembangunan Papua.

Hal itu disampaikan oleh Mahfud MD ketika memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengamanan Perbatasan Negara di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

"Termasuk bagaimana TNI-Polri masuk di situ. Ada yang usul, TNI-Polri enggak usah ikut-ikut, biar enggak terkesan militeristik. Loh bagaimana sebuah negara melarang TNI-Polri masuk menjaga negaranya, enggak mungkin," ujar Mahfud.

Baca Juga: Cerita Mahfud MD yang Pernah Gagal Ikut CPNS Malah Jadi Menteri

Mahfud menegaskan, sejak kali pertama usulan tersebut berhembus, pihaknya mengatakan kalau dirinya menjadi orang paling tidak setuju agar TNI-Polri ditarik dari Papua.

Menurut dia, TNI-Polri harus tetap bertahan di Papua. Ia justru mempertanyakan bagaimana mungkin sebuah negara menarik personel TNI-Polri dari salah satu wilayah kedaulatannya sendiri.

"Bagaimana sebuah negara menarik TNI dan Polri dari situ? Hancur. Ditarik sehari saja sudah hancur. Ya harus hadir di situ," tegas dia.

"Tinggal bagaimana itu lebih manusiawi, lebih kependekatan kesejahteraan," kata dia.

#MahfudMD #TNI #Papua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x