Kompas TV video cerita indonesia

2 Faktor Ini Bisa jadi Pereda Polemik di Papua Kata Mahfud MD

Kompas.tv - 11 Maret 2020, 15:02 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Dan Keamanan Mahfud MD yakin jika polemik yang terjadi di Papua bisa reda dengan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan.

Hal ini disampaikan Mahfud dalam pidatonya pada pembukaan rapat koordinasi nasional tentang pengamanan perbatasan negara tahun 2020.

Dalam pidatonya Mahfud membahas ancaman-ancaman yang ada di Indonesia, salah satunya terkait gerakan separatisme dari dalam negeri.

Mahfud bercerita bahwa beberapa waktu lalu mutiara hitam Indonesia, Papua diwarnai aksi penembakan oleh kelompok kriminal bersenjata atau KKB.

Baca Juga: Cerita Anggota TNI Gugur Kena Pantulan Peluru KKB Usai Ambil Wudhu

Meski demikian, pemerintah enggan menggunakan kekerasan. Pemerintah telah sepakat kedepannya mendorong pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan warga Papua adalah jurus paling jitu untuk meredam konflik baik di Papua dan Papua barat.  

Hal ini nantinya akan tertuang di dalam Instruksi Presiden yang akan segera diresmikan.

Inpres ini nantinya akan menggantikan Inpres Nomor 9 Tahun 2017 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan di provinsi Papua dan provinsi Papua Barat yang telah habis pada 2019 lalu.

Baca Juga: Situasi Tembagapura Belum Kondusif, KKB Masih Lakukan Penembakan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x