Kompas TV travel jelajah indonesia

PESONA SUKU ABUI, DI NTT

Kompas.tv - 11 Maret 2020, 15:01 WIB
Penulis : Anas Surya

ALOR, KOMPASTV - Suku abui ini merupakan suku asli dari Alor, sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan hebatnya mereka masih bertahan hingga saat ini dan cara hidup mereka juga tidak berubah sampai saat ini. Kita harus pergi menuju satu kampung yang namanya takpala untuk langsung bertemu dengan suku Abui. Kata “Takpala” berasal dari kata “Tak” (artinya ada batasnya), dan kata Pala (kayu) dapat diartikan bahwa Takpala sebagai kayu pembatas. Takpala didiami oleh Suku Abui, yang konon juga menjadi suku terbesar yang berada di Pulau Alor.

Baca Juga: ENAKNYA LOBSTER SEGAR DI CUBADAK

Setiap tamu yang datang disambut dengan tarian penjemputan yang dalam bahasa suku abui disebut sebagai Ama Harina. Setelah memasuki perkampungan kami pun melihat tarian suku abui yaitu tari lego-lego yang menandakan persatuan atau dalam bahasa abui disebut luk.

Baca Juga: MENYAMBANGI ALOR, PULAU 1000 MOKO

Biasanya tari lego-lego ditarikan mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Tari lego-lego dilakukan dengan benar yg mengitari batu-batu bersusun yang disebut dengan mesbah. Dalam tarian yang pertama ini isi dari syair-nya adalah tentang kunjungan tamu ke perkampungan takpala dan kepada tamu yang datang mereka memberitahukan tentang keadaan Kampung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x