Kompas TV travel jelajah indonesia

MENYAMBANGI ALOR, PULAU 1000 MOKO

Kompas.tv - 9 Maret 2020, 15:01 WIB
Penulis : Anas Surya

ALOR, NTT - KOMPASTV -  Saya sudah mulai terbiasa menjelajahi pulau - pulau tersembunyi, sekarang saya mengajak teman baik saya di Duma. Kupang adalah tujuan pesawat yang membawa kami saat ini, namun dari sana kami masih harus meneruskan perjalanan untuk sampai ke Alor.

Baca Juga: PESONA NUSA LEMBONGAN

Kurang lebih diperlukan 4 jam untuk sampai ke Kupang dari Jakarta dan tambahan 1 jam untuk sampai ke Alor dari Kupang dengan pesawat udara. Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini sempat menarik perhatian dari orang Eropa. Nama itu di berikan oleh seorang penjelajah yang bernama Ferdinand Magellan atau sering disebut juga Fernando De Magelhaens.

Baca Juga: KECANTIKAN DAN SEJARAH PULAU RUBIAH

Pulau ini dibatasi oleh laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara. Selat Ombai di Selatan yang memisahkan dengan pulau Timur serta Selat Pantar di barat yang memisahkan dengan Pulau Pantar. Pulau Alor adalah satu dari 92 Pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.

Baca Juga: BERBURU IKAN MOLA MOLA

Dikisahkan setelah membeli rempah-rempah dari Maluku dan sebelum kembali berlayar ke Eropa kapal Victoria yang ditumpangi Magelhaens sempat singgah di awal pada Januari 1522. Dalam tulisannya Ia menceritakan pertemuannya dengan penduduk asli Alor. Sebelum masuknya agama-agama besar penduduk Alor menganut paham animisme dan dinamisme.

Pantai Syah Banjar mungkin masih asing didengar dan tidak terkenal seperti halnya pantai Maimol atau Pantai Deere.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x