HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Cegah Corona, Pemda Adakan "Gerakan Jatim Sehat" dengan Diiringi Musik "Tiktok"

Senin, 9 Maret 2020 | 11:41 WIB

KOMPAS.TV - Sosialisasi menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran virus Corona, digencarkan di beberapa daerah.

Di Jawa Timur, misalnya, pemerintah daerah menggelar Gerakan Jatim Sehat.

Ribuan warga diajari cara mencuci tangan yang benar dan bersih dengan diiringi musik ala “tiktok”.

Sejumlah penumpang kereta api yang turun di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah memeriksakan kesehatan di Posko Peduli Pencegahan Virus Corona, yang disediakan PT. KAI DAOP 5.

Penumpang yang merasa demam dan pusing, memeriksakan diri secara sukarela sebagai antisipasi penyebaran virus Corona.

Pemeriksaan diantaranya tensi dan suhu tubuh penumpang kereta api.

Dari pemeriksaan tim KAI DAOP 5, tidak ditemukan penumpang dengan gejala yang mencurigakan.

Selain pemeriksaan suhu tubuh, PT KAI juga gencar melakukan sosialisasi pencegahan virus Corona kepada calon penumpang, salah satunya dengan rutin mencuci tangan

Antisipasi penyebaran virus Corona juga dilakukan pemerintah provinsi dan Polda Jawa Timur, melalui gerakan Jatim sehat di sepanjang Jalan Darmo Surabaya, Minggu (8,3,2020) pagi.

Dalam acara ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kapolda dan Pangdam V Brawijaya beserta jajaran Forkopimda mencontohkan gerakan mencuci tangan yang benar dan bersih dengan diiringi musik ala “Tiktok”.

Kegiatan ini digelar serentak di seluruh kabupaten dan kota, salah satunya untuk meredam kepanikan masyarakat dalam menyikapi virus Corona.

Di Malang, Jawa Timur, Gerakan Jatim Sehat digelar di area bebas kendaraan bermotor car free day, Jalan Ijen, Kota Malang.

Ratusan warga Kota Malang, antusias mengikuti setiap gerakan senam sekaligus tata cara cuci tangan yang baik dan benar, sebagai salah satu upaya mencegah penularan penyakit.

Selain mengikuti senam, warga juga bisa memeriksakan kesehatan sekaligus berkonsultasi dengan tenaga medis di stand yang disediakan oleh panitia.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

Berita Daerah

Silaturahmi di Tengah Pandemi

Selasa, 26 Mei 2020 | 10:44 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
10:54
KEMENHUB PERKETAT PENGAWASAN ARUS BALIK, KHUSUSNYA YANG MENUJU KE JAKARTA   KCI KLAIM SELALU SIAGAKAN KERETA TAMBAHAN JIKA TERJADI PENUMPUKAN PENUMPANG SELAMA PENERAPAN PSBB    PRESIDEN DONALD TRUMP LARANG KUNJUNGAN DARI BRASIL SELAIN WARGA AMERIKA SERIKAT   PENDAFTARAN KARTU PRAKERJA GELOMBANG 4 DIBUKA HARI INI   WHO HENTIKAN UJI COBA OBAT MALARIA UNTUK PASIEN VIRUS KORONA   PEMKOT SUKABUMI, JAWA BARAT, PANGKAS PAJAK HOTEL DAN RESTORAN 25 PERSEN    PEMKOT JAKARTA SELATAN PERKETA PSBB DENGAN MENUTUP 14 RUAS JALAN DI WILAYAHNYA   GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN BANTUL: TAK ADA PENAMBAHAN KASUS BARU KORONA DALAM 5 HARI   KORLANTAS CATAT 31 HARI OPERASI KETUPAT 2020 TELAH PUTAR BALIKAN 78.455 KENDARAAN YANG NEKAT MUDIK   WAGUB KALTENG HABIB SAID ISMAIL MENGUNDURKAN DIRI DARI BAKAL CAWAGUB DI PILGUB BERIKUTNYA   PEMERINTAH KOTA WUHAN, TIONGKOK, MEMUTUSKAN UNTUK MELARANG SEMUA PERDAGANGAN DAN MAKAN HEWAN LIAR    WHO DAN UNICEF SEBUT 80 JUTA ANAK DI DUNIA TERANCAM AKIBAT PROGRAM IMUNISASI TERGANGGU KARENA PANDEMI KORONA   PRESIDEN JOKOWI YAKIN PENDISIPLINAN MASYARAKAT OLEH TNI-POLRI BISA MEMBUAT KURVA PENYEBARAN VIRUS KORONA TURUN   PRESIDEN JOKOWI KERAHKAN PERSONEL TNI-POLRI AGAR MASYARAKAT DISIPLIN SELAMA PSBB