Kompas TV regional berita daerah

Cegah Corona, Pemda Adakan "Gerakan Jatim Sehat" dengan Diiringi Musik "Tiktok"

Senin, 9 Maret 2020 | 11:41 WIB

KOMPAS.TV - Sosialisasi menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran virus Corona, digencarkan di beberapa daerah.

Di Jawa Timur, misalnya, pemerintah daerah menggelar Gerakan Jatim Sehat.

Ribuan warga diajari cara mencuci tangan yang benar dan bersih dengan diiringi musik ala “tiktok”.

Sejumlah penumpang kereta api yang turun di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah memeriksakan kesehatan di Posko Peduli Pencegahan Virus Corona, yang disediakan PT. KAI DAOP 5.

Penumpang yang merasa demam dan pusing, memeriksakan diri secara sukarela sebagai antisipasi penyebaran virus Corona.

Pemeriksaan diantaranya tensi dan suhu tubuh penumpang kereta api.

Dari pemeriksaan tim KAI DAOP 5, tidak ditemukan penumpang dengan gejala yang mencurigakan.

Selain pemeriksaan suhu tubuh, PT KAI juga gencar melakukan sosialisasi pencegahan virus Corona kepada calon penumpang, salah satunya dengan rutin mencuci tangan

Antisipasi penyebaran virus Corona juga dilakukan pemerintah provinsi dan Polda Jawa Timur, melalui gerakan Jatim sehat di sepanjang Jalan Darmo Surabaya, Minggu (8,3,2020) pagi.

Dalam acara ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kapolda dan Pangdam V Brawijaya beserta jajaran Forkopimda mencontohkan gerakan mencuci tangan yang benar dan bersih dengan diiringi musik ala “Tiktok”.

Kegiatan ini digelar serentak di seluruh kabupaten dan kota, salah satunya untuk meredam kepanikan masyarakat dalam menyikapi virus Corona.

Di Malang, Jawa Timur, Gerakan Jatim Sehat digelar di area bebas kendaraan bermotor car free day, Jalan Ijen, Kota Malang.

Ratusan warga Kota Malang, antusias mengikuti setiap gerakan senam sekaligus tata cara cuci tangan yang baik dan benar, sebagai salah satu upaya mencegah penularan penyakit.

Selain mengikuti senam, warga juga bisa memeriksakan kesehatan sekaligus berkonsultasi dengan tenaga medis di stand yang disediakan oleh panitia.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:10
WEBINAR MENULIS, MENERBITKAN, DAN MEMASARKAN BUKU BERSAMA EKO PRABOWO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID    PM INGGRIS BORIS JOHNSON SEBUT PEMBUKAAN SEKOLAH PADA AWAL SEPTEMBER 2020 SEBAGAI PRIORITAS NASIONAL   PM INGGRIS BORIS JOHNSON MINTA SEKOLAH DIBUKA KEMBALI PADA SEPTEMBER 2020   IMBAS DARI SANKSI AS, PRODUKSI "CHIPSET" UNTUK PONSEL HUAWEI AKAN BERHENTI 15 SEPTEMBER 2020   BPBD: JUMLAH BENCANA ALAM PADA PERIODE 1 JANUARI HINGGA 9 AGUSTUS 2020 MENCAPAI 1.771 KEJADIAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI OPTIMISTIS PROYEK PELABUHAN PATIMBAN DI SUBANG, JABAR, TAHAP I BISA SELESAI PADA OKTOBER 202   UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS DI GEDUNG DPR BERTUJUAN AGAR PEMBAHASAN “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA DIHENTIKAN   KELOMPOK MASYARAKAT SIPIL AKAN MELAKUKAN UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS 2020 DI DEPAN GEDUNG DPR   POLISI SEBUT TERSANGKA KASUS FETISH KAIN JARIK MENGAKU ADA 25 ORANG YANG JADI KORBAN SEJAK 2015 HINGGA SAAT INI   BPBD JEMBER: SEORANG PELAJAR SMAN TENGGARANG YANG JATUH DI GUNUNG PIRAMID DITEMUKAN MENINGGAL DUNIA HARI INI   BASARNAS: OPERASI PENCARIAN WARGA AS YANG HILANG DI TELUK AMBON DIPERLUAS HINGGA 400 METER   PEMKAB PONOROGO TUTUP SEMENTARA PUSKESMAS WRINGINANOM SELAMA 10 HARI KE DEPAN KARENA EMPAT PEGAWAI POSITIF KORONA   PSBB DI TANGERANG RAYA KEMBALI DIPERPANJANG DUA PEKAN KE DEPAN HINGGA 22 AGUSTUS 2020   KEMDIKBUD ALOKASIKAN DANA SEBESAR RP 405 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA