Kompas TV regional berita daerah

Cegah Corona, Pemda Adakan "Gerakan Jatim Sehat" dengan Diiringi Musik "Tiktok"

Kompas.tv - 9 Maret 2020, 11:41 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

KOMPAS.TV - Sosialisasi menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran virus Corona, digencarkan di beberapa daerah.

Di Jawa Timur, misalnya, pemerintah daerah menggelar Gerakan Jatim Sehat.

Ribuan warga diajari cara mencuci tangan yang benar dan bersih dengan diiringi musik ala “tiktok”.

Sejumlah penumpang kereta api yang turun di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah memeriksakan kesehatan di Posko Peduli Pencegahan Virus Corona, yang disediakan PT. KAI DAOP 5.

Penumpang yang merasa demam dan pusing, memeriksakan diri secara sukarela sebagai antisipasi penyebaran virus Corona.

Pemeriksaan diantaranya tensi dan suhu tubuh penumpang kereta api.

Dari pemeriksaan tim KAI DAOP 5, tidak ditemukan penumpang dengan gejala yang mencurigakan.

Selain pemeriksaan suhu tubuh, PT KAI juga gencar melakukan sosialisasi pencegahan virus Corona kepada calon penumpang, salah satunya dengan rutin mencuci tangan

Antisipasi penyebaran virus Corona juga dilakukan pemerintah provinsi dan Polda Jawa Timur, melalui gerakan Jatim sehat di sepanjang Jalan Darmo Surabaya, Minggu (8,3,2020) pagi.

Dalam acara ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kapolda dan Pangdam V Brawijaya beserta jajaran Forkopimda mencontohkan gerakan mencuci tangan yang benar dan bersih dengan diiringi musik ala “Tiktok”.

Kegiatan ini digelar serentak di seluruh kabupaten dan kota, salah satunya untuk meredam kepanikan masyarakat dalam menyikapi virus Corona.

Di Malang, Jawa Timur, Gerakan Jatim Sehat digelar di area bebas kendaraan bermotor car free day, Jalan Ijen, Kota Malang.

Ratusan warga Kota Malang, antusias mengikuti setiap gerakan senam sekaligus tata cara cuci tangan yang baik dan benar, sebagai salah satu upaya mencegah penularan penyakit.

Selain mengikuti senam, warga juga bisa memeriksakan kesehatan sekaligus berkonsultasi dengan tenaga medis di stand yang disediakan oleh panitia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x